Jejak Kata 2 Perempuan mencari Sumber Kehidupan (Air Terjun, Curug Cibereum)

Gunung Gede

Sejak sebelum hari Kartini 21 April 18, 2 perempuan yaitu gw dengan sahabat gw “mba Silvi”, sudah gelisah mau masuk hutan. Teringat 21 April gunung-gunung akan ramai, akhirnya ditunda. Lalu sempat ingin ke gunung Slamet, ternyata kehabisan tiket menuju Purwokertonya.

Sampai pada akhirnya kita memutuskan hanya ke curug cibereum yang berada di jalur pendakian gunung Gede Pangrango yaitu Cibodas, pada hari Jum’at 4 Mei 18.

(Hi, i'm Blogger. Business Inquiries via DM Instagram : @Dwiariyuni )

Jalur Cibodas

Perjalanan kita hanya berdua menaiki KRL tujuan stasiun Bogor, dimana kita pun belum pernah ke Cibodas dari sana. Biasanya sih dari kampung Rambutan. Mba Silvi berangkat dari kantornya di Tanggerang menuju stasiun Tanggerang jam 4 sore, sedangkan gw jam 4 sore sudah di stasiun Manggarai dari Bekasi.

Karena gw gak mau merasakan mpet-mpetan di dalam gerbong kereta bersama orang-orang yang baru saja usai sibuk dengan pekerjaannya, jadi gw berangkat lebih dulu.

Kalo jam 5 an baru naik trus gw bawa tas gede, masuk gerbong dan menyatu dengan mereka, itu sama saja seperti masuk ke kandang singa. Heuheu galak-galak, jutek, muka kucel kaku kesel, semua di sinisin wkwkwk…. Sorry genks! Akhirnya gw memutuskan mengalah, menunggu mba Silvi di stasiun akhir kita yaitu stasiun Bogor 2 jam an.

Tibanya mba Silvi, kita disibukan membuang waktu di stasiun sembari cas Hp masing-masing sebelum berangkat ke Cibodas. Iseng-iseng nanya orang juga, kalo ke Cibodas naik apa aja ya dari stasiun Bogor.

Kebetulan Bapak yang kita nanya, memang orang asli Bogor, dia memberi 2 estimasi perjalanan dari terminal Baranangsiang atau terminal Ciawi. Ada pesan terakhir dari Bapak itu untuk kita “Kalian kan perempuan cuma berdua, di jalan jangan pasang muka gatau-gatau banget ya, biar gak diisengin orang.”

Gw jawab : iya siap pak hehe.. makasi pak. (gw bergumam : hahah siap pak nanti kita pasang muka sok tahu + songong sekalian”) (Mba Silvi bergumam: Bapak emang gak tau muka kita uda ngeselin dari sononya?!) wkwkwkwk….

Mang Idi

Kita memutuskan berangkat lewat jalur Ciawi, naik angkot 02 dari stasiun Bogor, Rp 10.000 menuju terminal Ciawi, sekitar setengah jam perjalanan, dilanjutkan makan nasi padang hehe… laper coy uda malem.

Kelar makan kita naik mobil travel arah cibodas dengan ongkos Rp 25.000 (jarak jauh/dekat). Mobilnya warna putih yaaa. Perjalanan kurang lebih 1 jam. Tiba di pertigaan Cibodas jam 22:30, kita memutuskan naik ojek menuju basecamp, alias warung Mang Idi, tempat biasa para pendaki bobo.

Biasanya ada angkot, karena sepi dan uda malam jadi angkot juga sepi. Ongkos ojeknya Rp 20.000, kalo jalan kaki jauh genks… bisa 1-2 km tapi nanjak heuheu. Disana sudah ada beberapa pendaki yang mengisi perut sebelum melakukan pendakian malamnya, ada juga yang sibuk packing.

Ada yang baru tiba. Dan kita sibuk ngopi. Peralatan kita yang dibawa gak banyak, cuma matras, sleeping bag, alat mandi, kaos cadangan, snack bekal ke curug dan sssttt…. Gw bawa make up hehehe.

Bawaanya dikit, karena memang kita gak melakukan pendakian sampai puncak gunung. Itupun ransel isi perlengkapan tidur dan lainnya dititipkan di warung Mang Idi. Cuma bawa diri, identitas, snack dan minum pas jalan ke curug.

Tapi gw tetep mencoba safety seperti memakai sepatu hiking supaya enak jalan naik turunnya yang memang dikhususkan untuk mendaki gunung hutan.

Perjalanan pendakian kita dimulai jam setengah 8 nan dari warung Mang Idi menuju tempat pendaftaran. Biaya yang dikenakan untuk ke curug Cibereum Rp 18.500 per orang.

Di awal jalur pendakian Cibodas dipasang beberapa plang yang berisi peraturan, larangan, daftar spesies flora yang ada disana juga, namanya juga Taman Nasional ya. Biasanya juga jadi tempat orang-orang yang mau penelitian.

Disana hutannya bener-bener terjaga, meskipun hidup secara alamiah, hijaunya adem banget, lumut-lumut di batang pohon, jalur maupun batu-batu melengkapi suasana rindang disana. Bikin adem mata, hati dan jiwa deh pokoknya. Perjalanan menuju curug harus naik terus melewati 3 shelter, telaga biru, aliran sungai, jembatan.

WWW.ARINBEAUTYTREVELER.COM Nanti kalo uda di titik shelter 3, lo pilih jalan turun ya, ada plangnya ko. Kalo jalur naik, itu untuk melanjutkan ke puncak gunung. Di jalur arah curug, lebih turun dan lebih banyak landai. Aliran sungai pun mulai terlihat.

Jalur Cibodas

Jarak dari pos pendaftaran sampai curug kurang lebih 3 km ya. Santai aja nikmatin hutannya, kalo cape istirahat sejenak. Gw sama mba Silvi sempat lama bersantai-santai menikmati telaga biru. Adem tenang sunyi, hanya suara desiran angin dan jangkrik.

Beberapa spot juga kita banyak santainya, foto-foto. Kalo emang jalan terus, istirahat cuma sejenak, bisa kurang lebih estimasi sampai curugnya 1 jam perjalanan.

Gunung Gede Pangrango

Tibanya di curug. So happy pastinya, seger aja muka kecipratan air terjun. Awal tiba sampai, kita belum ambil foto, bener-bener yang menikmati suasana dulu, diem tenang, cooling down gitu. Suara air, angin, dedaunan menyatu dengan indah.

Ada 2 air terjun disana, yang satu lebih kecil. Air terjun yang besar pas ada spot untuk foto karena dipasang tiang yang berkibar bendera merah putih.

Gak ada sampah. Bersih, walaupun di sana ada 1 warung. Sekitar satu jam an mungkin kita di sana. Main-main aja, ambil foto maupun video sebelum benar-benar pulang. Pulangnya lewat jalur yang sama, kurang lebih setengah jam uda tiba di pos pendaftaran lagi.

Jalur Cibodas

Tibanya dipasar cibodas, gw beli 2 pohon kaktus yang unyu-unyu Rp 10.000 per kaktus. Kalo beli 3 bisa Rp 25.000 aja kok. Kita juga makan siang, ada warung namanya soto suroboyo, enak banget… kalo ibunya gak nuangin jeruk nipis duluan. Heuheu…Rp 20.000an kalo gak salah.

Usai makan kita balik ke warung Mang Idi, bebenah diri bersiap mau pulang lagi. Pas pamitan kita berdua minta foto bareng sama Mang Idinya. Mang Idi bilang “gayanya gini neng, biar keren kita” (sambil mesem-mesem…)

Gw sama mba Silvi cuma ketawa dan bilang “Siap Mang…” wkwkwk. Mang idi biar tua daya ingatnya masih lumayan loh. Dia masih kenal sama mba Silvi yang pernah ke warungnya juga tahun 2016. Sedangkan gw baru, trus

Mang Idi ngajak kenalan deh sama gw haha.. “Neng namanya siapa, rumahnya dimana?” Begitulah pelayanan hangat mang Idi. Uda kaya keluarga sendiri. Jangan lupa bayar buat tempat tidurnya ya Cuma Rp 5.000 ko… kalo mau ngecas juga Rp 5.000 siih..

Disana juga sediain kopi, dan minuman lainnya. Makannya ada mie dan nasi ramesan, tinggal pilih dah tuh seleranya yang mana.

Mang Idi

Dari Cibodas kita turun ke pertigaan jalan raya naik angkot, Rp 5.000 per orang. Dari situ naik lagi mobil travel yang warna putih ke Ciawi Rp 25.000 juga.

Sampai di sana, ternyata gak bisa langsung ke stasiun Bogor, tapi naik angkot 01 dulu ke terminal Baranangsiang Rp 3.500, dari situ baru lanjut angkot 03 ke stasiun Bogor Rp 3.500 juga. Ingat pasang muka sok tahu yaaa, soalnya kadang supir angkotnya iseng gitu naikin ongkosnya.

WWW.ARINBEAUTYTRAVELER.COM Kalo mau tau ongkos sebenernya, tanya aja dulu ya sama penumpang lain yang duduknya sebelahan ama kita aja biar deket.

Nah segitu aja dah ya cerita pendek jejak kata gw menuju Sumber Kehidupan. (Air terjun, Curug Cibereum). Semoga bermanfaat. Terima kasih yang uda baca.
Bye…bye…

Noted : Saya Arin, mencoba menjadikan hobi dan pengalaman untuk membuat rental alat camping. Khatulistiwa Adventure namanya. Khatulistiwa Adventure ini telah menjadi rekomendasi rental alat camping di Bekasi sejak 2016. Untuk liat katalog alat, bisa cek di WA kami 0896-5750-4996. Bisa cek IG juga di @Khatulistiwa_Adv.

18 komentar untuk "Jejak Kata 2 Perempuan mencari Sumber Kehidupan (Air Terjun, Curug Cibereum)"

1. Keren :), harus banget kesini !!

BalasHapus
  2. Wah terima kasih sharing perjalanan ya mba Arin, manfaat banget nih informasinya. Jelas dan lengkap. Usah lama banget ku ga man-made make air terjun

1. iya ka..seger ya mandi di air terjun. main2 lg ka piknik sm keluarganya hehe

Hapus
  3. Aiiiihhh kalian seru banget sih. Kalau belum nikah dan punya anak saya mau nih ikutan. Sekarang sudah rempong hehehe

Balasan
    1. haha iya ya Uni agak ribet, tapi bisa jadi moment qualty time juga loh sama keluarga

Hapus
  4. Whuiii anak gunung ternyata ya. Keren iih dulu pikirku beauty traveler itu lebih ke gaya liburan ala koper tyt gak juga ya.

Balasan
    1. kadang bawa koper sih ka,, tergantung travellingnya kemana hehehe... tapi emang hiking hobby yang sudah bertahun-tahun, sebelum menyukai makeup

Hapus
  5. Ya ampuun..jadi pengen jalan yang bener-bener "jalan" nih..Makasih infonya Mbak Arin. Komplit banget, bisa diikuti jejak wisatanya :)

1. sama-sama mba Dian, semoga bermanfaat walaupun sedikit ya hehe

Hapus
  6. Traveling begini memang seru yaaa, bukan hanya pemandangan cantik yang didapatkan, tapi interaksi dengan penduduk dan bersentuhan dengan budaya sekitar itu yang juga berharga.

7. Balasan
    1. apaan nih komennya gini aja hahaha... kaka pasti ada event blognya wkwkw

Hapus
  8. Asyeknya jalan ma tmn2 menelusuri temapat yg masih alami.
    Sekarang gmn kaktusnya mbak? Masih awet? hehe
    Jd keinget dulu kalau liburan ke daerah dingin jg selalu bawa oleh2 tanaman tapi begitu nyampai rumah ternayta gak cocok.

Balasan
    1. iya mba.. asik klo jalan sama sahabat, travelling bikin makin akrab hihi...
      kaktusnya mulai mati, kamar ku super panas, tanpa pendingin ruangan hee... abis gemes liat pas disana maunya bawa pulang y mba

Hapus
  9. Masya Allah indah banget pemandangannya mba... sering denger Cibereum iniii, worthed lah perjuangan sama hasilnya hehe

1. uda pernah ke cibereum kah?? iya g nyesel ko hehe

Hapus
  10. Seru. Jd pengen k sini. Gak seberapa jauh pun sama depok. Etapi soal angkot bogor emang iya kayak gt. Kalo ketauan kitanya 1 rombongan seangkot ato ketauan kita pendatang yg lagi piknik, bisa kena 5000/orang cuma jarak kebon raya - stasiun gak pake muter lewat jalur resmi