Gw punya hobby travelling dan bermain make-up. Dari kecintaan tersebut akhirnya gw memutuskan berbagi cerita travelling dan membahas make-up favorit, lewat blog yang gw buat bertemakan "Fun Beauty Traveler".

Total Tayangan

Kamis, 29 November 2018


Hai, saya Arin.


Kali ini saya mau nulis-nulis sambil mengingat dan sharing bareng tentang Kompas. Dimana kompas dulu cukup akrab dengan saya yang suka berkegiatan di alam bebas pada masanya. Terutama kompas Bidik, karena kompas bidiklah yang biasanya paling mudah dipahami dan digunakan saat di alam bebas. Apasih sebenarnya kompas itu…


Kompas adalah alat penunjuk arah pada sebuah perjalanan atau kedudukan (Navigasi), dengan menyelaraskan jarum dan medan magnet bumi secara akurat. Kompas itu sangat membantu loh untuk bernavigasi dimana pun kita berada, seperti di kota ataupun di alam bebas. Walaupun kadang kita juga bisa lihat dari posisi matahari dengan jam.  Dengan kompas kita tahu lebih cepat mana arah barat, timur, selatan dan utara.

Pada masa saya sering berkegiatan di alam bebas seperti gunung hutan, saya selalu membawa kompas. Kompas yang sering saya gunakan saat itu adalah kompas Bidik. Nah karena saya lebih familiar dengan kompas Bidik, di sini saya akan lebih bahas kompas Bidik dulu ya.

Kompas Bidik.
Kompas Bidik berfungsi untuk menembak/membidik sudut derajat pada sebuah medan sebenarnya seperti bukit, untuk diproyeksikan nantinya pada peta. untuk memproyeksikan hasil sudut medan sebenarnya dengan peta, biasanya menggunakan alat bantu yaitu protaktor. Kompas bidik penggunaannya jauh lebih gampang. Penggunaan kompas bidik juga bisa langsung diketahui untuk sudut Azzimuth Dan Back Azzimutnya. Saya pernah bahas sedikit banyak tentang Azzimuth dan back azzimuth di (Ilmu Medan Peta Kompas).

Kekurangan kompas bidik hanya satu, yaitu agak berat jika dibawa kemana-mana karena bahan kompasnya yang terbuat dari logam. Saya akan sebutkan bagian-bagian apa aja yang ada di kompas bidik.

Bagian-bagian Kompas Bidik.

  1. Ring penyangkut
Ring penyangkut berfungsi untuk meletakan ibu jari si Navigator untuk meratakan kompas saat dipegang. Karena kompas juga bisa bekerja jika lurus rata-rata air.


  1. Dial
Dial ialah permukaan kompas yang bertuliskan angka derajat sudut dan juga huruf arah mata angin.


  1. Kaca pembesar
Kaca pembesar digunakan untuk membantu dalam membaca sudut hasil bidikan.


  1. Jarum arah panah
Jarum arah panah digunakan sebagai petunjuk arah utara magnet.

  1. Jarum hasil bidikan
Jarum hasil bidikan digunakan garis atau tanda untuk membantu dalam membaca hasil sudut bidikan agar lebih tepat.

  1. Visir
Lubang yang pada tutup dial, dengan garis kawat untuk menentukan titik medan/sasaran mana yang akan dibidik/ tembak.


  1. Tutup Dial
Tutup dial ialah tutup badan kompas yang bisa diputar untuk membidik. Biasanya dalam membidik tutup dial dibuka dengan sudut 90° tegak lurus dari Dial.



Popular Posts

Apa itu Kompas (Kompas Bidik) ?

Hai, saya Arin. Kali ini saya mau nulis-nulis sambil mengingat dan sharing bareng tentang Kompas. Dimana kompas dulu cukup akrab de...