(Konten Blog : Mountaineering & Beauty)

Total Tayangan

Kamis, 07 Maret 2019


Halo, Saya Arin!!!


Review kali ini saya mau bahas tentang salah satu hair care routine dari sebuah brand lokal, yaitu Mylea Hairceutical System. Mylea Hairceutical System ialah rangkaian produk perawatan rambut yang didasarkan hairceutical atau medicated dan diformulasikan khusus silicon free juga dikombinasikan dengan vitamin dan nutrisi dari bahan alami yang sudah teruji loh. 


Mylea Hairceutical System memiliki 3 variant dengan fungsinya masing-masing di setiap jenis rambut. Variant pertama adalah Mylea Intensive hair care System yang dikhususkan untuk jenis rambut normal to dry. Variant kedua adalah Mylea Gingseng hair care System yang dikhususkan untuk rambut tipis atau rambut rapuh. Variant terakhir ialah Mylea Anti Dandruff hair care System yang dikhususkan untuk rambut berminyak. Dari semua variant, masing-masing memiliki 3 step rangkaian yang sama, yaitu Cleanse dengan shampoo, treatment dengan memakai hair mask dan Rest dengan hair tonic. Melalui 3 step ini perawatan yang maksimal dan menyeluruh dapat dicapai untuk meyakinkan kulit kepala dan rambut akan terjaga untuk tetap sehat dan kuat. Jadi udah gak perlu kamu repot-repot perawatan rambut ke salon lagi hehe…

By the way, variant yang sedang saya pakai saat ini adalah Mylea Intensive hair care System yang dikhususkan untuk jenis rambut normal to dry. Rambut saya memang termasuk kering, nanti kalo uda kering tuh rambut susah diatur, berantakan, bercabang pula huhu… Akhirnya saya cobain lah Mylea variant ini. Ternyata formulasi variant ini biasanya dipakai oleh orang yang memiliki masalah rambut seperti karena diwarnai, sering dicatok dan juga rambut yang sering tertutup seperti saya yang selama ini menggunakan hijab. Pas banget kaan… karena saya belum lama pakai, jadi saya akan bahas first impression dari produk ini dulu ya sis.

Dari segi packaging, disetiap step perawatan Mylea memiliki bentuk yang berbeda. Shampoonya dengan botol platik mungil, sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Daily hair mask nya yang berbentuk tube, jadi sangat mudah diatur banyaknya pemakaian. Terakhing packaging Hair tonic yang memang selalu dengan botol kaca ya.  Semuanya senada loh warna botolnya, yaitu hijau. Mungkin dengan itu bisa mewakili representasi dari salah satu bahan-bahan kandungannya yang alami.

Mylea Intensive hair Shampoo

Mylea Intensive Hairmask

Mylea Intensive Hair Tonic

First impression saya terhadap isi dari Mylea Intensive hair care System ini, lumayan bikin rambut saya terasa ringan, bersih kesat dan rambut terlihat bervolume. Semua isi produk dari ketiga stepnya, aromanya hampir sama gitu, agak-agak bau aroma jaman dulu, mungkin aroma itu bersumber dari ekstrak bunga chamomile dan horsetail. Cukup menenangkan gitu, kaya bau aroma terapi sih kalo menurutku ya. Cara pakainya begini sis…


Pertama saya basahi rambut, kemudian shampoo-an dengan Mylea Intensive hair care System, dipijat 5 menit. Lalu bilas hingga bersih. Kalo sudah terasa kesat, saya melanjutkan dengan memakai Daily instant hair mask pada seluruh batang rambut saya saja. Lalu didiamkan 5 menit, sambil menunggu saya biasanya sambil mandi genks. Usai 5 menit, saya bilas lagi semua hingga bersih. Rambut dilanjutkan dengan dikeringkan kemudian memakai hair tonicnya, yaitu step terakhir dari rangkaian Mylea Intensive hair care System ini. Pijat lembut dengan ujung jari selama 3 menit agar nutrisi dari hair tonic dapat diserap dengan cepat oleh akar rambut.

Nah kalo kamu berminat untuk mencoba Mylea Hairceutical System juga, kamu bisa cari aja langsung ke www.gogobli.com guys! Buat yang belum tau aja nih, gogobli.com adalah toko online yang berdiri pada tahun 2011 dan bergerak di lingkup kesehatan juga lingkup kecantikan. Mereka hanya menjual produk dengan merk dan reputasi yang baik dan yang paling penting banget tuh adalah produk-produknya sudah terdaftar di BPOM, jadi uda terjamin kan tuh kalo produk yang akan dibeli di gogobli.com dapat dipastikan aman untuk digunakan dan dikonsumsi. Kalo gitu langsung aja ya dikepoin websitenya.

Thank you so much buat yang udah baca review dari saya, semoga bisa bermanfaat yaaa.
Bye…bye…



Halo, Beauty enthusiast!


Saya Arin, kali ini saya mau review eyeshadow dari negeri Jepang nih. Namanya, Face Recipe Tri-Me Eyeshadow. Jadi eyeshadow ini, sesuai dengan namanya disetiap nomer terdapat 3 warna eyeshadow yang masih senada dalam satu palletenya. Saya punya nomor #2 yaitu warna coklat dan nomor #4 yaitu warna biru.

Jadi dalam satu pallete nomor #2 warna coklat, ada coklat muda, coklat dan coklat tua. Begitu juga dengan eyeshadow nomor #4, biru muda, biru dan biru tua. Sekalipun biru tua, tapi birunya gak norak gitu loh. By the way, semua tekstur eyeshadownya shimmering gitu ya. Sama sekali gak ada yang matte. Mungkin karena makeup look di Jepang kebanyakan temanya glowing gitu. Saya gak tau pasti juga sih.

Dari segi packaginnya, Face Recipe Tri-Me Eyeshadow ini travel friendly banget. Plastik adalah bahan dari packagingnya, jadi gak berat juga. Ada kaca transparant dibagian tutup eyeshadow, jadi kamu bisa lihat warna eyeshadow di dalamnya, tanpa harus nanya ini nomer berapa. Tapi karena transparant, jadi gak ada kaca sama sekali untuk bercermin. But it’s okelah ya… masih bisa bercermin pake yang lain ya, compact powder misalnya.

Face Recipe Tri-Me Eyeshadow ini halus banget saat di swatch dan pada saat diaplikasikan ke kelopak mata, sangat mudah diblendnya. Hasilnya tuh emang terlihat glitteri banget, tapi pas dipegang halus aja gitu, berasa gak ada glitternya sama sekali. Pigmentasinya masih affordable, bisa dibuild up gitu kalau mau lebih bold, atau bisa pakai concealer sebelum pakai eyeshadow ini. Eyeshadow ini sangat mudah dihapus hanya dengan micellar water, tapi terkadang masih ada sisa-sisa glitter halusnya sedikit sih hehe.

Nah kalo kamu berminat untuk mencoba Face Recipe Tri-Me Eyeshadow ini, kamu bisa cari aja langsung ke WWW.GOGOBLI.COM guys! Buat yang belum tau aja nih, gogobli.com adalah toko online yang berdiri pada tahun 2011 dan bergerak di lingkup kesehatan juga lingkup kecantikan. Mereka hanya menjual produk dengan merk dan reputasi yang baik dan yang paling penting banget tuh adalah produk-produknya sudah terdaftar di BPOM, jadi uda terjamin kan tuh kalo produk yang akan dibeli dI gogobli.com dapat dipastikan aman untuk digunakan dan dikonsumsi. Kalo gitu langsung aja ya dikepoin websitenya.

Thank you so much buat yang udah baca review dari saya, semoga bisa bermanfaat yaaa.
Bye…bye…

Kamis, 21 Februari 2019


Halo beauty enthusiast!!!


Saya Arin, finally saya nulis review lagi tentang foundation. Foundation yang akan saya review kali ini lumayan ngehits juga di kalangan beauty influencer dan beauty enthusiast, baik di dalam negeri maupun luar negeri loh. Sebenernya foundation ini sudah keluar dari tahun lalu, hanya saja baru masuk di Indonesia pada awal tahun ini guys!. Sooo… sebenernya juga saya sudah penasaran lama banget buat cobain foundation ini, jadi seneng banget dan langsung beli waktu tau foundation ini sudah ada di drugstore Indonesia. By the way, seperti biasa karena kulit wajah saya sensitif dengan alkohol dan pewangi, jadi sudah saya pastikan dulu sebelum beli foundation ini pada komposisinya bahwa ia tidak mengandung alkohol dan juga pewangi.


Superstay Full coverage Foundation dari Maybelline. Yeeess foundation drugstore ini keluaran dari Maybelline guys. Siapa sih yang gak tau Maybelline?!. Untuk packagingnya, terbuat dari botol kaca, jadi agak lumayan berat ya buat travelling. Seperti pada umumnya foundation, isinya 30ml. Pada bagian tutup terbuat dari plastik berwarna putih dan sudah ada pumpnya. So pasti dengan pump, pemakian jauh lebih rapih dan higienis yaaa…


Lanjut ke produk. Jadi klaim dari produk ini tuh yaitu full coverage, long lasting wear 24 hours, matte finish, breathtable and comfortable, fade and transfer resistant, oil free, tidak menyumbat pori-pori dan terakhir dermatologist tested. Saya waktu beli foundation ini nanya gitu sama spg-nya Maybelline, kata mbanya saya cocok pakai yang Buff beige, padahal sebelumnya saya udah mau ambil yang natural beige. Menurut mbanya, foundation ini oxedize alias menggelap. Hemm… Bismillah aja tuh saya nurut sama apa kata mba spg-nya, jadi saya beli shade yang nomer 130 - Buff Beige. Deg-deg an gitu takut salah shade, karena harganya lumayan ya Rp 209.000,-.


First impression, saya hampir emosi gitu dan pingin marah aja sama mbanya, karena salah shade. Keterangan di muka saya dooong masa… Tapi asli teksturnya emang enak sih buat diblend. Ternyata pas udah beberapa menit kemudian, beneran sih ni foundation jadi menggelap, dan masuk banget sama warna kulit wajah saya. Mendadak gak jadi marah gitu ama mbanya. Hehe…. Malah kaya mau berterima kasih, wkwkwk. Jadi foundation ini tuh beneran full coverage!!!. Ceritanya waktu saya cobain foundation ini, ada bekas jerawat saya yang cukup hitam, tapi bisa ketutup cuma pakai foundation ini dong, tanpa harus pakai concealer lagi. Gawat nih foundation, keren parah coy.


Untuk hasilnya, menurut saya foundation ini gak begitu matte banget ya. Jadi buat yang kulit berminyak kayanya butuh diset lagi pake powder. Lumayan ringan sih, tapi gak ringan banget juga. Ini tuh cocok banget buat acara-acara special yang butuh cover tinggi, dan buat yang punya bekas jerawat bisa banget deh pake foundation ini guys.

Minyak di wajah setelah 4 jam pemakaian foundation

Untuk ketahanannya, foundation ini lumayan tahan lama, dan gak ngegeser walaupun uda berjam-jam. Aku belum coba sampe 24 jam juga siiih. Cuma pernah sampai 8 jam. Untuk menahan minyak, dia kurang banget sih. Tapi walaupun minyak di wajah udah keluar, gak bikin foundation luntur atau ngecrack sama sekali. Sumpah aman banget ni foundation, udah kaya anti badai. Cuma ya itu kaya 3-4 jam sekali, kamu harus tap-tap wajah kamu pake oil paper. Abis itu beneran ko, nanti jadi bagus lagi kaya awal pemakaian. Intinya mah, foundation ini aku cinta banget, soalnya walaupun gak menahan minyak, tapi dia tetep flawless, gak ada crack sama sekali di kulit wajah aku yang tipenya normal sensitif ini ya. Mungkin ini bukan jadi foundation sehari-hari saya, tapi akan jadi foundation yang selalu dipakai saat-saat special occasion gitu.

Oxydize setelah setengah jam 

Okedeh, itu dia review saya tentang Maybelline Superstay Full coverage Foundation. Terima kasih buat yang udah baca, semoga bermanfaat ya. Pesan saya untuk yang mau beli foundation ini, cari shade yang lebih terang 1 sampai 2 tingkat dari warna kulit kamu ya.

Bye…bye…

Sabtu, 05 Januari 2019


Haiii… Apa kabar? Saya Arin.


Kali ini saya ingin menuliskan kegiatan dari Survival Camp 2018 yang baru saja saya ikuti, sekaligus menyebarkan sedikit banyak ilmu yang saya dapatkan. Survival camp 2018 ini diadakan langsung oleh Eiger Adventure (Eiger event) pada tanggal 21-23 Desember 2018 di Leuweung Tengah, Bandung, Jawa Barat. Event ini sesuai dengan judulnya, seluruh peserta yang lolos seleksi diberikan materi dan latihan langsung tentang bagaimana Survival di gunung hutan.


Tujuan kegiatan ini pun salah satunya adalah menyebarluaskan rasa tanggung jawab atas ilmu yang telah diketahui untuk dibagikan kepada para pendaki yang belum memiliki basic kepencinta Alaman. Seperti kita ketahui cukup banyak pendaki jaman sekarang yang hanya mendaki gunung tanpa persiapan matang. Nah, salah satu penyebab keadaan darurat yang mengharuskan kita survival itu adalah dari kurangnya persiapan/manajemen perjalanan yang matang.


Survival itu berasal dari kata survive, yang berarti bertahan hidup dari keadaan darurat oleh suatu sebab. Kemauan yang besar untuk terus hidup sangat penting bagi survivor. Biasanya survivor akan dihadapkan pada kondisi ketakutan, cemas, panas, dingin, kehausan, kelaparan, lelah, jenuh dan kesepian. Sikap tenang dan sabar adalah kunci utama survivor untuk bisa keluar dari keadaan darurat tersebut. Jadi survivor akan lebih bisa mengontrol, bagaimana survivor berusaha dan bertahan hidup. Dengan mempelajari dan melatih diri untuk survival berarti bahaya dalam sebuah perjalanan, sebenarnya tidaklah perlu ditakuti lagi, tapi justru diantisipasi.


Seluruh peserta Survival camp 2018 ini, selama 3 hari 2 malam diberikan ilmu tentang lima kebutuhan dasar dalam survival oleh para pelatih langsung dari EAST (Eiger Adventure Service Team) dan Wanadri yang baik-baik bangeeeett, gak pelit ilmu pokoknya. Lima kebutuhan dasar yang diperlukan survivor saat menghadapi kondisi survival ialah :

  1. Perlengkapan pendukung (Pisau bilah / golok tebas)
Pisau bilah seperti yang kita ketahui sangat umum untuk dipakai dalam keseharian seperti memotong, menusuk khususnya untuk masak. Nah pada kondisi Survival kita sangat membutuhkan alat bantu ini. Makanya disarankan untuk membawanya ketika bermain di Gunung hutan. Untuk membuka jalur jika tersesat pun membutuhkan berupa golok tebas.

Pada materi ini dikenal dengan Survival Knives yaitu pisau yang dapat membantu kegiatan manusia dalam penyelamatan diri atau kelompok, khususnya dengan sesuatu yang bisa mencelakakan diri atau kelompok. Fungsi dasar Survival knives ialah : dapat memotong, membelah kayu, menggali, menyiapkan makanan, alat bantu bikin api, alat pukul, membela diri dan pengganti obeng.

Panjang bilah pisau survival rata-rata 10cm sampai 20cm. Lebar bilah 3,5cm sampai 5cm dan tebal 3,5mm sampai 5mm. Ukuran tersebut merupakan ukuran ideal untuk penguasaan tubuh manusia. Sedangkan ukuran handle disesuaikan dengan genggaman tangan masing-masing. Biasanya handle dibuat dengan ukuran 10cm sampai 12cm.

  1. Makanan
Ternyata lapar merupakan ancaman psikologis terbesar loh dari pada ancaman fisik. Meskipun sebenarnya kita masih bisa berjalan jauh selama sebulan tanpa makan, tapi kita pasti akan kurang bisa berpikir lebih jernih. Makanan juga diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi dan menjaga agar panas tubuh tetap konstan. Juga berperan untuk melawan penyakit. Banyak tumbuhan dan hewan di hutan yang bisa dimakan.

Ciri umum tumbuhan yang bisa dimakan yaitu : a. Bagian yang paling muda (pucuk/tunas), b. Tumbuhan yang tidak mengandung getah, c. tidak berbau busuk, d. Biasanya bisa juga dimakan mamalia. Tumbuhan yang bisa dimakan itu seperti palem, honje, jahe, pandan, kisilet, marasi, jantung pisang, paku-pakuan, pucuk rasamala, puspa, poh-pohan, selada air, begonia, harendong pohon, liana. Untuk gambar tumbuhan, kamu bisa search sendiri ya di google hehe… Karena kebanyakan gambar nanti jadi loading webnya takut lama juga loh buat kamu para pembaca.


Biasanya untuk memastikan tumbuhan/buat bisa dimakan atau tidak, kita bisa tes dulu dengan cara : 1. Oles sedikit di tangan, diamkan beberapa menit. Jika tidak ada reaksi panas, bisa lanjut ke 2. Oles ke bibir, diamkan beberapa menit. Jika tidak panas dan gatal lanjut ke 3. Oles ke lidah dengan cara yang sama. Setelah kita tau aman dan siap bisa dimakan, makanlah dengan jumlah sedikit-sedikit untuk menghindari keracunan dan penyesuaian pencernaan perut kita ya beb.


Untuk makanan yang berasal dari hewani, kamu bisa menangkapnya dengan membuat trap atau jebakan.

  1. Air
Inget gak, pelajaran IPA jaman SD? Dikatakan bahwa manusia mengandung 80% air dari seluruh tubuhnya. Jelaskan yah, air adalah substansi dasar kehidupan manusia. Tanpa air, rata-rata manusia hanya mampu bertahan tiga hari meskipun memiliki makanan yang cukup. Seperti kekurangan makanan, kurangnya air sangat bisa menjadi bahaya terbesar yaitu faktor psikologi.

Pada saat survival, minumlah jika haus. Jangan langsung diteguk, kemutlah dimulut dan telan perlahan. Carilah pula daerah yang teduh y, untuk mengurangi keluarnya keringat. Bekerja dengan santai dan jangan merokok. Jangan minum alkohol serta makanlah yang secukupnya.
Sumber air bisa didapatkan dari mata air, sungai, selokan dan genangan. Selain itu, air bisa didapatkan juga dengan cara :
a.       Jika hujan, tampunglah air hujan dengan wadah apapun yang kamu miliki.
b.      Carilah padang rumput atau vegetasi lainnya yang mengandung air. Ikatkan kain bersih di sekitar lutut. Sambil berjalan, titik air akan terserap kemudian bisa diperas dan ditampung. Untuk tumbuhan lainnya yang mengandung air bisa berupa rotan, lumut, kantong semar atau akar gantung.
c.       Bisa juga dengan cara kondensasi.


  1. Tempat perlindungan (Bivak / shelter)
Bivak atau shelter dibuat dengan maksud untuk survivor bisa berteduh, perlindungan dari dinginnya angin dan hujan serta tempat peristirahatan atau bermalam. Bivak bisa dibuat dari ponco yang kita bawa ataupun juga bisa banget dari bahan-bahan yang sudah ada di alam.


Untuk bivak alam, bahan-bahannya pun bisa dipilih tergantung kita mau stay berapa lama di sana. Seperti jenis batang pohonnya, carilah yang lebih kokoh dan kuat jika ingin stay beberapa hari. Ukurannya pun disesuaikan dengan jumlah orang. Kalo sendirian ya gak perlu bikin besar-besar kan… biar hangat juga.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membuat bivak, yaitu :
a.       Lokasi jauh dari pohon mati atau akan tumbang
b.      Jauh dari jalur binatang, kamu bisa cek dulu ada gak bekas-bekas jejak kaki hewan
c.       Pastikan lokasi, bukan jalur air. Jika terkena hujan, air tidak akan menggenang.
d.      Syukur-syukur bisa dapet lokasi yang dekat dengan sumber air
e.      Lokasi jauh dari hembusan angin yang kencang


  1. Api
Api bisa menjadi sahabat para petualang untuk memasak makanan dan minuman, menghangatkan tubuh, mengusir binatang buas, membuat tanda darurat dan juga penerangan di bivak. 3 unsur pembuatan api ialah panas, udara dan bahan bakar. Jika salah satunya tidak terpenuhi, maka tidak akan ada api.

Dengan membuat alat bantu seperti pada gambar, kamu akan jauh lebih mudah untuk menggosokan antara kayu dengan kayu untuk membuat bara. Pastikan seluruh bahan sudah siap sedia. Dengan sudah ada baranya nanti kita bisa meniupkan perlahan untuk menyebarluaskan panas bara ke bahan bakar lainnya, seperti serutan kayu, ranting-ranting hingga bisa membakar kayu.



Oke baiklah sedikit banyak materi di atas tentang survival di dalam hutan, semoga bisa bermanfaat ya. Pada kondisi darurat, survivor dihadapkan pada dua pilihan loh, yaitu bertahan hidup atau mati!. Kebutuhan yang paling penting dalam survival adalah segera menerima kenyataan kondisi dan situasi yang terjadi dan segeralah bertindak. Oleh karena itu informasi pengetahuan survival sangatlah penting untuk menambah keyakinan diri. Pokoknya mah yang pertama harus diingat adalah “Jangan takut dan panik”. Sadar kondisi atau ancaman yang akan terjadi, dapat membantu kita mengenali kondisi survival, kemudian akan membantu pula untuk membuat rencana dalam menghadapi dan mengatasi permasalahan.

Tim 10 Survival Camp 2018 :
Arin (MPPA "Carya Bhuana)
Jule (Gemapala)
Winni (Tapak Giri)
Risna (Mapalasuraung)
Dini (Giriraya)

Pengetahuan survival bukan berarti kita berharap itu terjadi. Justru kita bisa mengantisipasi segala kecelakaan apapun yang memaksa kita untuk survival dengan cara membuat perencanaan dan persiapan yang matang pada setiap perjalanan yang akan dilakukan. Pemahaman berbagai keadaan berbahaya dan teknis penanganan harus ditanamkan pada penggiat alam terbuka. Jika seseorang tersesat di gunung tanpa pengetahuan lengkap mengenai teknik hidup di alam bebas, besar kemungkinan ia akan bergerak membabi buta karena panik sehingga terjepit pada situasi kritis yang dapat menyebabkan kematian.


Ok thank you banget buat yang sudah baca, semoga bisa berguna. Boleh banget dishare ke temen-temen kamu yaa…


Bye.. bye…

Popular Posts

First Impression Mylea Hairceutical System

Halo, Saya Arin!!! Review kali ini saya mau bahas tentang salah satu hair care routine dari sebuah brand lokal, yaitu Mylea Hairceut...