(Konten Blog : Mountaineering & Beauty) Instagram & Facebook : @Dwiariyuni

Total Tayangan

Jumat, 27 September 2019

Halo pengembara, Salam Lestari!

Sumber gambar : @1964.id

Survival, berasal dari kata survive, yang berarti bertahan hidup dari keadaan darurat oleh suatu sebab. Dengan mempelajari dan melatih diri untuk survival berarti bahaya dalam sebuah perjalanan, sebenarnya tidaklah perlu ditakuti lagi, tapi justru diantisipasi.

Sebelumnya, saya sudah pernah menulis tentang teknis survival khususnya pada gunung hutan sedikit banyak di Teknik Bertahan Hidup di dalam Hutan (Survival Camp 2018) .Mungkin sudah ada yang pernah baca? Nah kalo belum baca, kamu bisa nih baca the Survival Pyramid ini dulu, karena survival pyramid adalah susunan dari 3 hal dasar utama dan penting yang harus dimiliki oleh survivor. Jadi apa aja sih 3 hal tersebut ? mari kita langsung bahas aja yuk.

Pertama yang paling penting untuk dimiliki adalah “Will to Live” yaitu keinginan untuk terus hidup, semangat hidup. Kemauan memang menjadi hal dasar dan penting sebagai energy utama seseorang untuk melakukan sesuatu apapun itu. Keinginan hidup merupakan semangat untuk terus bertahan hidup selama dalam keadaan sesulit apapun. Motivasi seseorang untuk semangat hidup, masing-masing setiap orang memiliki jawabannya sendiri-sendiri. Tergantung pada apa yang mereka anggap penting di dalam hidupnya. Seperti orang-orang yang mereka cinta, ada hal yang terasa masih perlu tanggung jawab dari dirinya ataupun dari ketentuan pada ajaran agamanya.

Kedua yang cukup penting ialah “Knowledge” yaitu pengetahuan untuk bertahan hidup. Setelah semangat hidup telah ada, sangat juga diperlukan pengetahuan untuk bertahan hidup. Pengetahuan dimana survivor bisa lebih ke teknis dalam bertahan hidup, seperti apa yang akan dilakukannya untuk tetap bisa hidup di saat keadaan darurat. Nah, secara teknis sudah pernah saya bahas ya di sini, langsung aja klik Teknik Bertahan Hidup di dalam Hutan (Survival Camp 2018) , usai membaca semua di sini. Semakin banyak pengetahuan akan semakin tahu banyak tentang teknis bertahan hidup juga berarti semakin mudah pula untuk bertahan hidup di keadaan darurat. Pada tema gunung hutan kali ini, biasanya teknis bertahan hidup yang perlu dipelajari seperti bagaimana cara membuat shelter, api, mancari makan dan minum juga bagaimana cara keluar dari wilayah tersebut dengan ilmu medan peta kompas.

Ketiga yang tidak kalah penting adalah “Kit” atau alat-alat yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Setelah 2 hal dasar penting di atas telah survivor miliki, masih kurang cukup jika tanpa adanya alat. Alat-alat ini biasa disebut dengan Survival Kit. Survival kit pada ilmu gunung hutan biasanya seperti, peta, kompas, pisau, jarum, benang juga alat komunikasi. Alat-alat untuk survival sebenarnya bisa disesuaikan dengan tempat dimana kita bermain. Persiapan membawa alat-alat ini sangatlah membantu untuk bertahan hidup sewaktu-waktu jika dibutuhkan pada saat tiba-tiba terjadi kondisi darurat. Jangan lupa loh ya, bahwa keadaan darurat bisa terjadi kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun ya guys.

Sumber Gambar : @1964.id

Nah itu dia tadi 3 hal dasar penting yang masuk ke dalam Piramida Survival. Ketiga hal dasar tersebut saling berhubungan dan dibutuhkan oleh survivor sebelum berbicara soal teknis. Terima kasih buat yang sudah baca, semoga bermanfaat yaaa…
Bye…bye..

Sumber Materi : Wanadri Coop (Instagram : @1964.id)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Etika Dalam Mendaki Gunung

Halo, salam lestari ! Saya Arin. Pernahkah kamu mendengar kalimat “Dimana tanah dipijak, di situ langit dijunjung.” ?. Kutipan ka...