Gw punya hobby travelling dan bermain make-up. Dari kecintaan tersebut akhirnya gw memutuskan berbagi cerita travelling dan membahas make-up favorit, lewat blog yang gw buat bertemakan "Fun Beauty Traveler".

Total Tayangan

Sabtu, 01 April 2017

Haii Gw Arin…

Gw disini mau coba berbagi ilmu sedikit tentang bagaimana cara memilih foundation yang tepat. Ini tips versi gw ya…

Sumber gambar : journal.sociolla.com

Dulu gw selalu takut beli foundation, entah bikin iritasi, menambah jerawat lah, warna foundation terlalu teranglah, menambah banyak produksi minyak di wajah dan juga komedo. Ternyata bukan lebih banyak bermasalah di foundationnya, tapi justru gw yang salah caranya. Beli asal beli, asal coba, gak cocok malah jadi kebuang. Sayang banget kan foundationnya kalo uda dibeli tapi dibuang atau didiemin gitu aja.

Ternyata setelah gw pelajari ada langkah-langkah khusus loh untuk membeli foundation yang tepat. Nah gw berbagi berdasarkan pengalaman gw sendiri ya. Oke… kita mulai aja langsung.

Langkah Pertama… lo harus pahami dulu jenis kulit lo. Berminyak (oily skin), kombinasi (combination skin) atau kering (dry skin)? Kalo kulit lo berminyak, carilah foundation yang matte finish. Kalo kulit lo kombinasi, carilah foundation yang satin finish dan kalo kulit lo kering carilah foundation yang dewy finish.

Apa sih matte finish, satin finish dan dewy finish?

Matte finish adalah, hasil foundation yang membuat kulit kita terlihat lebih kering karena si foundation yang formulanya untuk menahan produksi minyak di wajah. Matte finish sangat cocok untuk kulit wajah berminyak. Untuk kulit kering jangan pakai yang matte finish ya bisa-bisa kulit wajah semakin terasa kering.

Dewy finish adalah hasil foundation yang membuat kulit kita terlihat lembab glowing karena si foundation yang formulanya lebih ke melembabkan juga. Dewy finish sangat cocok untuk kulit kering. Kalo kulit berminyak ya jangan pakai foundie yang dewy finish, bisa-bisa nanti wajah lo jadi kaya tambang minyak.

Terakhir, satin finish adalah hasil foundie antara matte dan dewy, jadi hasilnya matte banget engga, dewy banget juga engga. Yang sedang-sedang aja. Nah satin finish ini cocok untuk kulit si kombinasi.

Langkah Kedua… lo mau pilih tingkat coveragenya yang seperti apa? Light coverage, medium coverage atau full coverage.

Light coverage itu formula foundation biasanya lebih ringan karena dia tidak mengcover wajah lo. Jerawat atau hitam-hitam diwajah masih kelihatan, warna kulit lo juga masih lebih dominan masih terlihat natural.

Medium coverage itu formulanya uda mulai berat karena dia cukup mengcover jerawat atau flek hitam di wajah. Tapi biasanya masih butuh concealer lagi untuk menutup noda dimuka secara sempurna, agar terlihatnya lebih flawless lagi.

Dan terakhir, full coverage berarti formulanya lebih berat dari yang lain, karena dia sangat bisa menutupi seluruh noda diwajah. Kebanyakan untuk foundation yang full coverage tidak butuh concealer lagi, kalo mau pakai lagi biasanya untuk dibagian bawah mata aja, supaya lebih terang dan terlihat fresh.

Langkah Ketiga… ini penting banget juga loh. Carilah  warna foundation yang paling mirip dengan warna kulit lo. Karena memakai foundation putih bukan berarti membuat wajah lo cerah, niatnya ingin tampil cantik cerah tapi justru jadi terlihat seperti memakai topeng. Gak mau kan dibilang muka bertopeng. Dengan warna foundation yang sama dengan warna kulit wajah akan terlihat super natural. jadi saat lo mau beli di konter kosmetik pastikan lo cobain tester foundation yang disediakan disana. pilih beberapa warna yang sekiranya mendekati warna kulit wajah, lalu masing-masing yang uda dipilih tadi dicoba swatch pakai jari letakkan di kulit wajah dari pipi lalu ditarik hingga leher. Pilih salah satu warna yang paling mirip warna kulit wajah yang di swatch tadi ya.

Hemm.. menurut gw, 3 langkah dasar itu uda cukup sebagai referensi lo untuk bagaimana memilih foundation yang tepat. Jadi segitu aja ya tips cara memilih foundation dari gw. Terima kasih uda baca tips gw. kalo lo suka boleh dishare, kalo ada yang ingin ditanya atau berbagi tips lainnya bisa komen dibawah.


Bye.. bye..

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Review Blush On by Make Over

Hai hai… Saya Arin. Kali ini saya mau lagi-lagi review tentang kosmetik, yaitu Blush on dari Make Over. Kayanya saya telat banget baru ...