Gw punya hobby travelling dan bermain make-up. Dari kecintaan tersebut akhirnya gw memutuskan berbagi cerita travelling dan membahas make-up favorit, lewat blog yang gw buat bertemakan "Fun Beauty Traveler".

Total Tayangan

Selasa, 23 Mei 2017

Hai,, gw Arin

Kembali ke jejak kata di Belitung. Kali ini gw akan meceritakan bagaimana situasi SD Muhammadiyah di Gantong, Belitung Timur.


Jadi SD Muhammadiyah memang menjadi bagian cerita di film Laskar Pelangi pada Tahun 2008. Film Laskar Pelangi merupakan adaptasi dari sebuah Novel yang berjudul Laskar Pelangi. Laskar pelangi adalah cerita tulisan Andrea Hirata yang dikutip dari kisah nyatanya sendiri pada masa kecil bersama 9 teman lainnya di Belitung. Andrea Hirata adalah seorang penulis yang memang asli anak Belitung. Buku Laskar Pelangi dicetak oleh penerbit Bentang Pustaka, 3 tahun sebelum buku ini di filmkan, yaitu tahun 2005.  Buku ini tercatat sebagai karya sastra Indonesia terlaris sepanjang masa loh.

Cover Buku Laskar Pelangi

Buku Laskar Pelangi ini menceritakan tentang mimpi anak-anak sekolah di Belitung yang menurut gw bisa selalu menjadi cerita inspirasi bagi anak sekolah sepanjang masa. Bahkan kalo mau tau, buku ini sudah dicetak di berbagai Negara seperti  Amerika serikat, New Zealand, India, Pakistan, Bangladesh, Sri langka, Nepal, Jepang , Jerman, Belanda, Spanyol, Italia, Turkey, Brazil, Korea, Malaysia, China, Taiwan dan Vietnam. Hebatnya sastrawan Indonesia merangkai cerita Laskar Pelangi yang sangat menyentuh para pembaca. Kisah yang sangat indah dirangkai dengan cerita yang lucu namun mengharukan juga oleh Andrea Hirata. Jadi jangan heran Belitung sudah menjadi daya tarik wisatawan turis asing juga.


Laskar pelangi merupakan nama kumpulan 10 anak ini yang diberikan oleh salah satu guru mereka, karena mereka sangat mencintai pelangi. Awalnya SD Muhammadiyah ini ingin ditutup karena siswanya hanya 9 anak, dan bangunan yang juga seadanya. Sekolah ini memang terancam ditutup oleh Depdikbud jika siswanya tidak mencapai 10 anak. Namun ketika kepala sekolah SD ini hendak menutupnya, ada 1 anak bernama Harun bersama ibunya datang untuk mendaftarkan dirinya untuk sekolah yang kecil itu. Disanalah cerita Laskar Pelangi dimulai.

10 Anak Laskar Pelangi (Pemain Film)

Saat gw datangi replika SD Muhammadiyah ini memang bisa ikut merasakan apa yang ada di dalam cerita. Replika SD Muhammadiyah ini memang dibuat oleh tim Produksi film Laskar pelangi untuk menunjang cerita film mereka. Bangunan replika SD ini dibuat hanya dari kayu pada dindingnya dan seng untuk atap sekolahnya, juga hanya berlantaikan pasir putih. Benar-benar terlihat kondisi sekolah yang memang penuh dengan keterbatasan. Replika SD Muhammadiyah ini akhirnya diresmikan 27 November 2010 oleh Ir. H. A. Helmi Faisal Zaini selaku Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia yang akhirnya menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun luar untuk datang, dan bisa lebih merasakan ke dalam cerita yang telah digambarkan pada film Laskar Pelangi. Lokasinya berada di desa Lenggang, Kecamatan Gantong, Belitung Timur.




Warga disana memang sangat ramah. Saat gw datang pun pas lumayan sepi. Ketika gw lagi ambil gambar, tiba-tiba seorang anak laki-laki keluar dari dalam kelas dan berpose depan kamera gw. sepertinya mereka sudah biasa terhadap pengunjung, dan senang berfoto bersama kita. Ternyata dia bersama 2 teman lainnya. Akhirnya gw ambil selfie sama mereka karena mereka ramah banget aja sih sama gw. Mereka semua masih SD, ada yang kelas 2 SD ada juga yang kelas 4 SD. Pasti mereka punya mimpi besar juga seperti yang ada didalam cerata Laskar Pelangi. Mereka pasti terinspirasi dari tempat tinggal mereka sendiri.




Nah begitulah singkat cerita yang gw tau dan gw rasakan saat datang ke Replika SD Muhammadiyah Gantong ini. By the way gw seneng mainin pasir putihnya… jadi memang bangunan replika ini dibuat di atas pasir putih.


Harapan gw, semoga cerita Laskar Pelangi ini terus ada sepanjang masa untuk menjadi inspirasi anak-anak bangsa dengan bermimpi apa yang ingin mereka capai dan terus mencapainya meskipun dengan segala keterbatasan yang ada.


Terima kasih… Selamat bermimpi dan semangat untuk menggapai mimpi !!!

Bye..bye…

1 komentar:

Popular Posts

Review Bulu Mata Palsu dari Blink Charm

Halo… Saya Arin. Kalian pernah gak, pakai bulu matu palsu tapi dikira bulu mata asli atau dibilang pakai eyelahs extention sangking...