Gw punya hobby travelling dan bermain make-up. Dari kecintaan tersebut akhirnya gw memutuskan berbagi cerita travelling dan membahas make-up favorit, lewat blog yang gw buat bertemakan "Fun Beauty Traveler".

Total Tayangan

Sabtu, 07 Oktober 2017

Haloo… Gw Arin…



Kamis 5 oktober 2017, gw ikutan acara Progam Eduvisit Muslimah dari Blogger Muslimah. Edukasinya itu langsung diberikan oleh Owner Heejou Bags yaitu mba Nisa Rahmania, gadis muda penuh semangat lulusan IPB. Dilanjutkan belajar membuat Craft yang dibimbing oleh mba Nenny.

Edukasi 

Heejou bags ialah UKM yang telah berdiri sejak tahun 2009 di kota Bogor. Produk utamanya adalah tas berbahan kanvas dan jeans. Menurut cerita dari mba Nisa, awal mula kenapa ingin memproduksi tas adalah karena ia ingin turut mengkampanyekan Go green dengan mengurangi tas plastik saat berbelanja dan beralih ke tas yang dibuatnya untuk berbelanja dan bisa digunakan berulang-ulang. Berjalannya waktu, ia mulai mengembangkan model bentuk, ukuran, desain tas dari totebag, ransel, pouch sampai ke tas laptop untuk bisa digunakan dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Foto bersama Mba Nisa

Nah, di kegiatan hari itu, mba Nisa lebih menceritakan dan berbagi pengalaman jatuh bangunnya berwirausaha. Mba Nisa sudah mulai berbisnis sejak kuliah loh… dulu beliau membuat boneka Horta. Ada yang ingat, pernah ada boneka horta yang lagi tren. Gw juga dulu punya. Beliau memproduksi dan menjual boneka horta bersama teman-teman kuliahnya. Dari yang laku keras hingga sampai pada masa orang sudah berubah tren lagi. Dan teman-temannya mulai sibuk kerja setelah lulus. Sedangkan mba Nisa masih terus ingin berwirausaha. Usaha apa lagi yang akan ia dirikan saat menjaga toko boneka horta yang mulai menurun peminatnya.

Perkenalan dan cerita pengalaman mba Nisa

Pada tahun 2008-2009 saat itu sedang marak kampanye Go green dengan mengurangi tas plastik belanja dan beralih ke kantong belanja berbahan yang bisa dipakai berulang-ulang. Mba Nisa akhirnya ingin turut mengkampanyekan lewat usaha tasnya. Pemasaran secara online yang pertama ia lakukan hanya lewat blognya. Hingga pada satu waktu ada salah satu stasiun TV yang membaca blognya dan memang sedang mencari wiraswasta yang memilik background bisnisnya ialah kampanye Go green. Sejak usahanya ini masuk ke telivisi, Heejou bag ini mulai banyak dikenal orang, dan bertambah terus peminatnya. Heejou bag akhirnya memiliki 30 distributor. Heejou bag sangat kebanjiran orderan.

Kembali lagi berjalannya waktu, perubahan jaman dan mode, heejou bag sempat mengalami pasang surut. Heejou bag terus mengembangkan model dan desain tas yang pasar inginkan. Mba Nisa selalu pantang menyerah untuk terus membangun usahanya. Berbagai macam cara ia lakukan, belajar dari pengalaman pribadi dan orang lain dengan ikut komunitas-komunitas. Beliau terus menggali ilmu membangun usaha yang bisa berkelanjutan.

Semangat mba Nisa yang masih muda ini patut dicontoh dan terus ditularkan… Gw yang juga sedang merintis usaha rental sewa alat camping ini, ingin belajar dari semangatnya mba Nisa. Menurut gw bertahan dalam semangat yang sama dalam jangka waktu bertahun-tahun itu sangat sulit huhu… Salah satu caranya adalah bergaul dengan teman-teman yang semangat berausaha juga. Karena lingkungan memang cukup berpengaruhkaaan…

Mba Nisa yang masih lajang ini memberi pesan kepada kita begini katanya “Percaya bisa, orang lain bisa, kita pasti bisa. Jangan pernah bilang tidak bisa”

Oh iya, bagi yang mau lihat katalog produk Heejou Bags bisa buka di Heejoubags .

Belajar membuat Craft

Awalnya gw semangat banget nih nunggu-nunggu buat belajar bikin craft. Keterampilan yang emang gw sukain dari jaman sekolah. Saat itu gw dan teman teman blogger muslimah lainnya dibagikanlah bahan-bahannya yang telah disediakan di rumah produksi Heejou bag. Kita diajarkan membuat bunga tulit dari kain perca. Bahan lainnya terdiri dari batang plastik, potongan kain perca,busa yang sudah dibentuk daun, benang, jarum solatip hijau khusus.

Pembuatan craft

Kita diajarkan mulai dari menjahit kain untuk bunganya, menjahit kain yang ditempelkan pada busa untuk daunnya hingga merangkainya menjadi bunga tulip. Batangan plastiknya juga di solatip berwarna hijau untuk batang bunganya.

Menjahit


Menurut gw menjahit dengan tangan memang tidak gampang dan cepat, gw lumayan pusing sih, haha…. Walaupun begitu tetap bisa menyelesaikannya ko, yang sedikit dibantuin teman-teman blogger lainnya sih hehe, karena disitu gw yang paling lama jadinya.

Pembuatan craft, bunga tulip

Tapi disinilah kita bisa merasakan para pekerja penjahit, dan coba menghargai usaha mereka dengan membayar harga yang masuk akal untuk para penjahit. Disatu sisi, perempuan memang setidaknya bisa sedikit lah untuk menjahit hehe… minimal untuk menjahit kancing baju yang lepas, atau baju yang robek sedikit. 

Hasil bunga tulip buat sendiri dan kenang-kenangan dari Heejou bags

Semangat perempuan untuk memiliki keterampilan untuk menjadi perempuan yang Mandiri. Yes…




0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Peralatan yang dibawa Saat menuju Puncak Gunung (Hutan)

Hai, Gw Arin Kali ini gw mau sedikit sharing apa-apa aja sih yang dibawa setiap gw mau menuju puncak. Kenapa gw sebut gunung hutan,...