Gw punya hobby travelling dan bermain make-up. Dari kecintaan tersebut akhirnya gw memutuskan berbagi cerita travelling dan membahas make-up favorit, lewat blog yang gw buat bertemakan "Fun Beauty Traveler".

Total Tayangan

Sabtu, 16 September 2017

Halooo… Gw Arin


Berdasarkan pengalaman berpetualang yang uda gw lakuin sendiri di beberapa waktu silam, mulai dari naik gunung, main ke pantai, perjalanan untuk ekspedisi atau sekedar travelling jalan-jalan di kota orang… intinya manajemen perjalanannya tuh sama aja sih. Bedanya hanya menyesuaikan kemana kita pergi dan tujuannya kita pergi itu apa.

Nah, gw mau berbagi tips apa aja sih yang harus di manajemen dalam perjalanan. Ini versi gw ya… kuy kita bahas sekarang juga.

  1. Tujuan
Pastikan tujuan lokasi apa yang lo ingin tuju memang sesuai dengan apa tujuan lo pergi liburan. Ada banyak lokasi yang pas untuk mengisi liburan ya, secara Indonesia luas gitu dari Sabang sampai Merauke. Kalo lo mau liburan untuk berpetualang di alam bebas, bisa ke gunung, pantai, pulau-pulau kecil. Biasanya perjalanan pendakian dan turun minimal 2-3 hari.
Nah kalo lo mau keluar kota sekedar liburan hunting foto di sebuah daerah atau kota yang lagi hits, lo bisa datangi daerah-daerah yang unik dan hits seperti Yogyakarta, Labuan bajo, Padang atau banyak daerah lainnya lagi. Jadi travellingnya dipastikan dulu tujuan lo apa, baru menentukan lokasi yang pas.



  1. Waktu
Persiapkan waktu dengan matang. Biasanya jumlah waktu libur juga  berpengaruh dengan lokasi kita berlibur. Kalo waktunya hanya 1 sampai 2 hari, ya saran gw cari wisata yang masih 1 kota dengan kita, supaya lebih panjang waktu menikmati liburannya dibanding waktu perjalanannya saja. Nah kalo liburannya uda ada jatah diatas 3 hari, bisa nih kita cari lokasi yang lumayan jauh, seperti ketempat yang belum pernah kita datangin.

Lalu pastikan jadwal cuti atau liburan lo tidak berubah-ubah lagi, karena itu akan berpengaruh ke jadwal tiket keberangkatan kita dan tiket pulang. Biasanya buat tiket pesawat harus booking jauh sebelum keberangkatan kalo mau dapat promo. Maka dari itu lo harus pastikan jadwal liburnya berapa hari dan kapannya. Namanya juga harga tiket pesawat, sangat cepat naik turunnya harga. Seperti hal lainnya tiket kereta, kalo kita pergi di waktu pas liburan sekolah juga, biasanya tiket kereta akan cepat habis. Solusinya sama seperti booking tiket pesawat, kita harus booking tiket kereta beberapa waktu sebelum keberangkatan. Bisa 1 sampai 2 bulan sebelumnya loh….


Ya walaupun perubahan waktu juga bisa direschedule waktunya tapi itu juga ada kerugiannya loh buat kita. Bisa jadi harga tiket uda naik lagi. Bisa tiket harus dibatalkan sebelumnya, baru bisa ganti tanggal. Dan kalau seperti tiket kereta api untuk pembatalan tiket, kita dikenakan denda 25% dari harga tiket yang uda kita booking. Sayangkan…. Lumayan gitu buat makan saat travelling hehe…

  1. Bucket list
Buat bucket list perjalanan (jadwal kegiatan selama liburan) kalian selama travelling, supaya gak bingung lagi nih kita mau kemana di kota orang. Bucket list gak harus saklek banget kita ikutin yah. Fungsinya hanya gambaran kasar hari ini kita mau kemana, besok mau kemana, berangkat jam berapa, pulang jam berapa, dan jam istirahat makan sholat juga. Namanya juga travelling kadang ada kejadian diluar rencana kita, dan itu pasti terjadi biasanya. Makanya buat bucket list ya gak usa terlalu kaku, biar kita juga bisa menikmati setiap perjalanan liburan kita.


Buat bucket list yang simple. Misal hari pertama kita mau ke lokasi A, B dan C. Sebelumnya pastikan dulu lokasi A, B dan C sejalan ya. Diantara ketiga lokasi itu, carilah lokasi yang terjauh dulu missal lokasi A, kemudian pulang dari lokasi A kita ke lokasi yang paling dekat dengan lokasi A, missal B. Nah terakhir kita bisa pilih lokasi C, biasanya lokasi C adalah lokasi yang uda paling dekat dengan arah pulang kita.

Jangan lupa!!! Dikarenakan travelling suka ada aja yang plan eror karena faktor x, oleha karena itu buatlah plan kedua bahkan plan ketiga. Buat rencana cadangan gitu. Supaya kalo plan A ternyata memang harus banget dibatalkan, tanpa bingung lagi kita bisa lakukan plan B. Jadi liburan akan tetap terisi kegiatan setiap waktunya. Maklum ya, waktu adalah uang alias berharga banget, kalian pasti susahkan ya cari waktu buat liburan panjang.


Manajemen perjalanan selain menentukan lokasi dan jam, kita juga jangan lupa mengatur jam makan kita, kalo memang ribet diperjalanan bisa bawa cemilan untuk mengisi perut yang kosong. Secara ya kunci dari travelling selain uang dan waktu adalah kesehatan. Kalo gak sehat pasti kurang bisa menikmati liburannya. Jangan sampe telat jam makan. Waktunya makan, makanlah sebentar. Saran gw lagi khusus selama travelling rajinlah makan minimal 3 kali sehari. Pagi sebelum pergi, siang di perjalanan dan malam saat selesai melakukan trip di hari itu.

  1. Cuaca
Cuaca memang gak bisa diprediksikan??? Tapi jangan lupa kita punya BMKG loh yaitu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikia. Jadi salah satu fungsi BMKG ialah meramal cuaca atau perubahan iklim, berdasarkan ilmu yang mereka miliki disesuaikan dengan awan dan tekanan udara di beberapa waktu yang akan mendatang.


Lo bisa buka webnya di bmkg.go.id untuk lihat bagaimana ramalan cuaca di kota tujuan kita untuk liburan. Kalo memang ada sedikit hujan ya pastikan kita bawa keperluan untuk hujan, missal plastik untuk melindungi barang-barang dalam tas, atau bisa pakai Cover bag, kemudian saat perjalanan, kalo jalan kaki bisa bawa payung, dan kalo naik motor bisa bawa raincoat. Tapi biasanya gw selalu bawa payung kemana-mana sih mau ramalan cuaca panas atau hujan. Namanya juga ramalan bisa terjadi bisa juga gak terjadi. Seperti pepatah “Sedia payung sebelum hujan”

  1. Budget
Atur deh budget kalian. Dibagi menjadi beberapa bagian seperti ongkos, penginapan, uang makan dan uang belanja oleh-oleh. Dari awal berangkat kalian harus uda atur budget itu dengan tujuan meminimalisir over budget. Kalo uda diatur biasanya kelihatan nih sekalinya over budget tapi gak banyak-banyak banget gitu kan. Kita bisa sesuaikan lagi apa yang mau dibeli.



  1. Kesehatan
Kesehatan harga termahal dari segalanya sebelum melakukan apapun ya. Dari sebelum travelling sampai perjalanan pulang travelling, kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan loh. Kita pastinya uda tahu dong masing-masing apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita, yang baik sama yang gak sehat. Usahakan penuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita bukan apa yang diinginkan hasrat kita demi kesehatan yang terjaga.


Perhatikan kesehatan dan keselamatan setiap waktunya sampai pulang kembali kerumah. Jangan lupa bawa obat-obatan pertolongan pertama sesuai penyakit kalian yang memang sering diderita. Supaya pada saat tiba-tiba sakit dan berada dilokasi yang jauh dari toko obat, atau memang obat itu susah dicari, kita tenang saja karena uda punya obat pribadi untuk pertolongan pertamanya.

Nah itulah 6 hal yang menjadi bagian wajib dalam memanajemen perjalanan supaya kita bisa aman dan nyaman untuk bisa menikmati setiap travelling.

Terima kasih yang sudah membaca, semoga bermanfaat ya… jangan lupa komen dibawah apa aja dan boleh juga kalo mau dishare.


Bye…bye… 

Popular Posts

Brush Makeup yang Harus dimiliki Pemula

Haii,, Saya Arin. Saya sebagai makeup pemula, yang baru senang makeup 2 tahun ini, mau coba sharing berapa dan apa aja sih brush ya...