Gw punya hobby travelling dan bermain make-up. Dari kecintaan tersebut akhirnya gw memutuskan berbagi cerita travelling dan membahas make-up favorit, lewat blog yang gw buat bertemakan "Fun Beauty Traveler".

Total Tayangan

Kamis, 18 Januari 2018

Hai… Gw Arin


Buat para perempuan, pernah gak travelling sendirian? Kalo gw dulu pernah. Lo pernah juga gak pergi sendirian dari rumah, tapi janjian sama temen-temen yang baru kenal di sosial media buat travelling bareng karena sehobby dan lagi pingin ke tempat yang sama? Gw dulu pernah banget! Bahkan sering.


Jadi dari tahun 2011 gw mulai kuliah di Purwokerto, dimana gw uda mulai merantau dan tujuannya adalah belajar mandiri. Untuk kunci mandiri adalah lo harus biasa bersosialisasi sama orang-orang baru. Waktu gw uda menemukan hobby gw adalah mendaki gunung, sedangkan temen-temen yang gw kenal jarang yang suka mendaki gunung, akhirnya gw cari temen di luar sana bahkan sampai di sosial media. Bahayanya dapet orang-orang di sosial media untuk di perlakukan jahat sangat besar kemungkinannya. Tapi Alhamdulillah sampai detik ini gw baik-baik aja, dan bisa dapet temen bar uterus bahkan sampai ada yang jadi kemana-mana selalu bareng. Mencari teman untuk travelling pun gak segampang beli kacang. Kita juga pasti harus cari teman yang klop, sehati dan nyaman selama perjalanan kan.

Di jaman sekarang banyak banget perempuan-perempuan yang menjadi korban para pria tidak bertanggung jawab, diajak kenalan di sosial media, ketemuan eh ternyata pas uda baper barang berharga milik si perempuan justru di dicuri, seperti uang, handphone bahkan motor. Gw sih belum pernah yang emang kenalan sama cowo-cowo buat suka-sukaan terus ketemuan. Paling buat travelling. Dan rata-rata dia juga solo traveller. Biasanya juga, kalo temen jalannya pria, gw pasti cari orang lain lagi perempuan, biar gak cuma berdua. Tapi gw lebih sering cari teman pasti mengutamakan yang perempuan dulu. Nah, gw mau kasih tips-tips bagaimana bisa menjaga diri selama menjadi solo traveller dan bisa menikmati perjalanan versi gw ya…

  1. Destinasi Tujuan

Pastikan destinasi tempat perjalanan lo sesuai dengan yang lo inginkan, sesuaikan juga dengan teman-teman baru yang ingin kesana. Coba untuk pastikan keramaian di lokasi bagaimana, rawan bencana kah? Rawan kejahatan kah atau lain hal. Info destinasi musti paham, dari kendaraan untuk akomodasi kesana mudah kah atau sulit. Dengan mengetahui semua, bisa lebih baik lagi untuk perencanaan selanjutnya.

  1. Perencanaan Logistik

Bawa alat-alat dan keperluan lainnya yang sesuai dan tepat guna selama perjalanan. Pastikan kamu juga tidak meremehkan perjalananmu, agar selalu waspada. Seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan. Bawa alat yang memang kamu butuhkan. Seperti baju cadangan, makanan, P3K pribadi. Selalu bawa identitas diri loh, itu wajiiiiibb…

Untuk jaga diri atau pembelaan diri kalo ada orang yang iseng, biasanya gw selalu sediain parfum yang bentuknya spray. Kalo ada orang macem-macem pun dan keterlaluan, lo semprotin aja ke matanya. Hahaha… tapi gw belum pernah sih sampe segitunya.

  1. Cari Teman Baru

Kadang kita perlu jalan sama orang lain, untuk melatih kebiasaan memiliki empati tinggi dan saling percaya juga setia kawan. Ada beberapa hal yang harus lo tau, sebelum jalan sama orang baru :

a.   Lo harus paham identitas kalo emang bisa. Minimal dimana rumahnya, pastikan akun sosial medianya bukan akun fake. Kalo perlu lo tau dimana tempat dia bekerja, karena ini juga salah satu identitas dia supaya lebih mudah dicari dan dihubungi kalo ada apa-apa.

b.  Kalo lo gatau rumahnya, lo perlu tau siapa aja temen-temennya. Seperti apa lingkungannya, supaya lo bisa menerka seperti apa kepribadiannya. Karena logikanya kadang kepribadian seseorang memang dipengaruhi lingkungan.

c.     Lo bisa lihat backgroundnya seperti apa dari sosial medianya, seperti apa captionnya dan lain-lain. Guna pertimbangan lo merasa akan nyaman gak jalan sama dia. Karena kenyamanan untuk seorang partner perjalanan sangat penting agar bisa menikmati sebuah perjalanan itu sendiri.

d.  Pastikan lokasi janjian ketemuan dan lokasi wisatanya pun cukup ramai. Jangan sepi banget. Perhatikan lingkungan sekitar juga untuk meminimalisir kejahatan. Jangan lengah, jangan teledor.

e. Jaga perasaan orang lain. Pastikan ucapanmu tidak menyinggung orang lain. Orang bisa jahat hanya karena sakit hati. Jaga sikap dimana pun lo berada.

Nah itu dia sedikit tips dari gw, karena perempuan banyak banget yang harus dijaga. Harus sepandai mungkin menjaga diri. Semoga bermanfaat.
Bye…bye…


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Apa itu Kompas (Kompas Bidik) ?

Hai, saya Arin. Kali ini saya mau nulis-nulis sambil mengingat dan sharing bareng tentang Kompas. Dimana kompas dulu cukup akrab de...