Gw punya hobby travelling dan bermain make-up. Dari kecintaan tersebut akhirnya gw memutuskan berbagi cerita travelling dan membahas make-up favorit, lewat blog yang gw buat bertemakan "Fun Beauty Traveler".

Total Tayangan

Jumat, 01 Juni 2018


Halo… gw Arin


Beruntusan di wajah memang menyebalkan, bikin tekstur wajah gak halus, bahkan makeup pun tidak bisa membuatnya menjadi flawless. Gw kadang masih suka beruntusan tiba-tiba gitu aja, karena memang kulit wajah gw yang terlalu sensitif. Nah gw mau sharing aja sih, apa aja penyebab-penyebab timbulnya beruntusan di wajah gw ini, dan bagaimana cara gw untuk menghindari dan mengatasinya.

Jadi beruntusan itu seperti jerawat tapi kecil-kecil, mirip komedo tapi timbul. Kalo di kikisin pake kuku malah gampang nyebar kemana-mana heuheu…  Mengatasi beruntusan ini sebenernya gampang-gampang susah. Kita harus tau dulu apa penyebab ia muncul. Nah biasanya munculnya beruntusan di wajah gw ada banyak faktor, yaitu

  1. Debu. Nah ini sering banget deh, semisal gw keluar rumah tanpa makeup apapun, debu kan langsung nempel ke muka dan mudah juga langsung masuk ke pori-pori wajah. Jadi biasanya gw kalo gak langsung dibersihin mukanya, beberapa jam kemudian akan beruntusan.
  2. Bedak. Kadang kalo mau keluar bentaran tapi gak kelihatan dekil, dulu gw suka pake bedak tabur, supaya lebih fresh aja. Tapi ternyata butiran bedak itu justru bikin muka gw beruntusan dan komedo juga di hidung, nyebelin kan.
  3. Sesuatu yang menempel pada wajah secara langsung. Ini nih yang paling sulit dihindarin. Kaya sarung bantal yang dipakai saat itu, helm yang jarang dicuci, lap muka pakai kaos atau handuk, pegang-pegang muka pakai tangan, bisa dengan mudah muka gw beruntusan. Tergantung juga si tingkat kekotoran semua itu tadi.
  4. Baru nyobain produk untuk wajah. Gak selalu sih, tapi ada beberapa produk yang memberikan reaksi nyata, kalo si kulit wajah gw lagi awal-awal penyesuaian dengan skincare yang baru pertama dipakai.
Penyebab beruntusannya keliatan cuma sedikit aja ya, cuma 4 point… tapi itu lah ke empat faktor yang biasa dihadapi sebenernya dalam sehari-hari. Nah sekarang gw mau bahas satu-satu cara menghindari dan mengatasi beruntusan di muka gw sesuai dengan masing-masing penyebabnya.

  1. Untuk faktor debu, cara gw menghindari dari beruntusan dengan selalu pakai makeup. Makeup gw pakai memang sebenarnya untuk menangkal debu langsung menempel di kulit wajah gw. Jadi debu akan menempel di makeup, lalu akan terangkat ketika gw menghapusnya dengan makeup remover.
Kalo-kalo memang keluar rumah benar-benar hanya dekat dari rumah dan sebentar, biasanya usai dari luar rumah, gw langsung bersihkan wajah gw pakai makeup remover dulu yaitu yang micellar water. Jadi gak langsung pakai facial wash. Kalo rajin-rajin bersihin wajah, beruntusan di wajah perlahan hilang ko.

  1. Faktor bedak. Ini sih faktor yang uda lama gw hindari. Jadi saat ini gw mendingan gak usah pakai makeup sama sekali, daripada hanya pakai bedak tabur tanpa foundation. Karena memang butirannya selalu menyumbat pori-pori di kulit wajah gw.
Cara bersihinnya harus 2 kali cleansing. Pertama pakai makeup remover, kemudian baru facial wash. Kalo perlu sih, kita scrub wajah saat itu, biar langsung keluar. Biasanya gw pakai st. Ives yang apricot scrub. Super recommended banget deh buat kulit wajah yang bermasalah.

  1. Faktor ketiga yang paling sulit dihindari, susah-susah gampang gitulah. Ini sebenernya cuma soal jaga kebersihan barang-barang yang sekiranya akan selalu menempel pada wajah gw. Seperti halnya bantal tidur, hijab, helm, selimut tidur. Lap wajah gw pakai baju atau handuk juga uda sangat gw hindari loh. Sekalipun selalu dicuci.
Biasanya gw selalu jaga gimana caranya, gw gak kena hal-hal diatas tadi. Maksudnya seperti pas tidur, diusahakan tidak tidur miring biar pipinya gak nempel langsung ke bantal. Atau bisa dengan dikeatasin sedikit bantalnya, jadi cuma sebagian kepala yang kena, pipinya gak kenal bantal. Hijab, sebisa mungkin gw jaga kebersihannya, kalo uda berasa kotor ya cuci, tapi gak mau trlalu sering dicuci juga. Untuk helm, biasanya sih emang gw pakai untuk pribadi, jarang banget gw minjemin helm ke orang lain hehe… kadang sesekali helm juga perlu dicuci ya. Untuk mengeringkan wajah dari air sisa cuci muka atau mandi, biasanya gw selalu pakai selembar tisyu. Udah sih gitu aja. Keliatannya gampang, tapi sebenernya sedikit merepotkan. Heuheu… menurut lo, gampang-gampang susah atau susah-susah gampang? Hehe

  1. Faktor terakhir yaitu efek produk yang baru pertama dicoba atau dipakai. Karena kulit gw sensitif, memang sangat gampang dan cepat untuk tahu apakah produk ini cocok atau engga di kulit wajah gw. Beda sama kulit-kulit wajah orang yang memang bandel alias kulit badak, alias dipakein apa aja masih aman-aman di awal, ntar tau cocok enggaknya butuh waktu jangka sedikit panjang dalam pemakaian atau masa percobaan.
Nah biasanya gw akan mengalami beruntusan pada produk pertama itu kalo memang berarti cocok dengan si produk, tapi sedang masa purging aja, atau seperti penyesuaian kulit atau bisa dibilang, dikeluarin dulu kotor-kotoran yang ada didalam kulit wajahnya, biar semakin baik kerja si produk di wajah gw. Beda kalo sama ketidakcocokan dengan produk. Ketidakcocokan dengan produk biasanya gw ditandai dengan langsung munculnya jerawat gede, bukan beruntusan lagi. Masa beruntusan purging gw biasanya butuh waktu 1-2 minggu. Setelah itu akan kembali seperti semula, dan jauh lebih baik kulitnya. Jadi sabar-sabar dulu kalo lagi masa purging ya. Jangan langsung panik dan malah ganti skincare baru lagi.

Untuk mengatasi si beruntusan ini pada umumnya gw selalu diemin aja, jangan di kopek-kopek, jangan dipegang-pegang ya, rajin cuci muka dan gw selalu pakai sponge facial. Nah kemudian skincare yang gw pakai di spot beruntusan itu adalah Vaseline repairing jelly. Entah kenapa bisa, setiap pakai itu, gak hanya beruntusan, tapi jerawat gw juga bisa sembuh loh pakai itu. Jadi emang rahasia obat jerawat gw cuma itu doing selama ini, yaitu si Vaseline repairing jelly. Siapa tau kalian mau coba ??? hehe

Segitu dulu aja ya, semua bahasan tentang beruntusan di wajah gw, mulai dari penyebab, cara menghindari datangnya beruntusan dan cara mengatasi beruntusannya. Semoga bermanfaat, thank you buat yang uda baca.
Bye..bye…


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Review Bulu Mata Palsu dari Blink Charm

Halo… Saya Arin. Kalian pernah gak, pakai bulu matu palsu tapi dikira bulu mata asli atau dibilang pakai eyelahs extention sangking...