(Konten Blog : Mountaineering & Beauty) Instagram & Facebook : @Dwiariyuni

Total Tayangan

Sabtu, 19 Oktober 2019

Haii beauty enthusiast, saya Arin.


Siapa sih yang gatau, kalo kebanyakan perempuan di masa pra menstruasinya atau biasa disingkat PMS akan muncul yang namanya jerawat hormon. Nah… saya juga selalu mengalami itu tuh, biasanya 1 minggu sebelum haid sudah tanda-tanda jerawat 1 gede tiba-tiba aja muncul sendirian. Munculnya jerawat hormon menjadi pengingat gitu kalo sebentar lagi saya akan haid. Selain jerawat juga ada lagi masalah lain… karena hormon yang memang sedang tidak stabil, mood juga ikutan gak stabil. Emosi mendadak naik turun. Tiba-tiba sedih tanpa sebab dan sampai jadi gampang kesel. Ya gitu deh… bete aja bawaanya. Tapi kadang kalo marah masih bisa ditahanlah ya… paling uda diem aja seharian. Daripada nyakitin hati orang nantinya hehe… Tapi kalo jerawat, kalo uda muncul,,, ah yaudalah bodo amat gitu, karena agak susah juga kan kalo mau ditahan heuheu. Biasanya jerawat hormon memang akan bisa hilang dengan sendirinya sih. Cuma bete juga ‘at the end’ kalo akan ada hitam bekas jerawat yang pada nyatanya susah untuk hilang. Butuh waktu lama untuk menghilangkannya.

Kali ini, saya mau berbagi tips nih… berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri tentang bagaimana meminimalisir jerawat hormon yang biasanya muncul pada masa PMS. By the way, saya bukan ahli skincare ya, tapi sekali lagi saya hanya benar-benar berdasarkan pengalaman pribadi loh. Setelah beberapa kali mencoba, saya semakin paham ternyata bisa juga untuk dicegah si jerawat hormon ini. Nah apa saja yang harus saya persiapkan dan lakukan di masa PMS supaya jerawat-jerawat tidak muncul lagi??? Yuk ah cus langsung dibahas aja…

1.       Tandai pada Kalender 1 minggu masa PMS. Reminder pada masa PMS penting untuk mencegah timbulnya jerawat hormon. Kita bisa menyesuaikan waktu dan apa saja yang harus kita lakukan nantinya. Kadang 1 minggu masa PMS, lagi sibuk-sibuknya, atau lagi santai atau mungkin seperti saya kadang lagi diperjalanan dalam pendakian gunung. Pokoknya harus tau dulu tanggalnya, kemudian nanti sesuaikan dengan kegiatan kita yang santai atau tidak, sehingga paham apakah butuh usaha pencegahan ekstrak atau tidaknya pula.


2.       1 minggu full masa PMS jaga asupan makanan kita. Asupan makanan taukan ya kalo bisa mempengaruhi wajah jadi gampang jerawatan atau tidak. Cegah atau kurangi makanan pencetus jerawat kamu ya. Kadang tiap orang beda-beda. Kalo saya biasanya kurangin makanan dan minuman yang manis-manis dan saya juga stop makanan yang berminyak banget. Banyakin minum air putih.

3.       1 minggu full masa PMS jangan pernah skip yang namanya skincare ya girls. Sesibuk apapun, secapek apapun pada pagi dan malam hari perjuangkan diri untuk tidak malas pakai skincare. Hehe… ya karena gimana pun hormon yang sedang tidak stabil, kulit wajahlah yang biasanya menjadi korban lokasi tumbuhnya jerawat hormon ini. Setidaknya kita bisa meminimalisir hadirnya si jerawat tersebut dengan memakai skincare yang cocok di kulit kita secara rutin. Biasanya kalo pas saya lagi mendaki gunung, tambahan skincarenya bisa pakai sheet mask gitu setiap malam. Karena saat mendaki gunung, seharian sudah keringetan, kena debu dan panas-panasan ya. Jelas butuh skincare tambahan. Saya sudah buktiin sendiri beneran bekerja sheet masknya loh. Mampu menjaga kondisi kulit wajah saya tetap normal tidak ada jerawat satu pun.


4.       1 minggu full jaga mood kita tetap stabil. Jangan dirasain sedihnya, jangan dirasain marahnya. Lupain sementara waktu. Love your self. Bikin diri sendiri sehappy mungkin. Bisa dengan melakukan hobby kamu, atau sekedar santai nyantai di kamar. Pokoknya kegiatan apapun yang kamu suka banget aja. Mengurangi yang namanya over thinking juga sangat penting. Make you happy, as always smile. Supaya produksi hormon kebahagiaan jauh lebih tinggi dibanding yang seding-sedih gitu.


Saya sudah coba sendiri dengan melakukan 4 tips ini dan memang terbukti bisa menstop munculnya si jerawat hormon. Dari 4 tips ini biasanya yang agak sulit dilakukan adalah yang terakhir, yaitu menjaga mood tetap stabil. Kadang mau melakukan apa yang kita suka tapi kendalanya di waktu (belum sempat). Atau misalkan tiba-tiba sedih, yauda sedih banget rasanya ditambah kalo ada pencetusnya. Bisa nangis sejadi-jadinya heuheu… Makanya perlu banget yang namanya mengurangi tuh over thingking tadi mengenai hal apapun. Enjoy your life aja dulu.

Okedeh itu dia tips dari saya, tentang tips mencegah jerawat di masa PMS. Mungkin kamu mau coba dan semoga beneran bekerja ya dari semua ke 4 tips ini di kamu… Terima kasih buat yang sudah baca. Semoga bermanfaat.
Bye… bye…





4 komentar:

  1. Nice tips mba 😍, bisa nih dipraktikkan, semoga di aku berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka selamat mencoba. semoga berhasil 😊

      Hapus
  2. Wah, nice tips mbak. Selama ini suka panik kalo ada jerawat hormonal dan ternyata bisa dicegah ya. Semoga aja work di aku. Thank you for sharing❤️

    BalasHapus

Popular Posts

Beruntusan semuka, sembuh dalam 9 hari. [My Acne Story]

Hai, para skincare enthusiast… Saya Arin. Saya ingin sharing nih pengalaman pribadi yang belum lama terjadi di kulit wajah saya. S...