10 Kegiatan Selama di Rumah aja (Self Quarantine)



Saat ini seluruh Negara di dunia, ya sudah barang tentu bukan Indonesia saja… bahwa kita semua sedang mengalami musibah yang sama yaitu adanya sebuah pandemi. Pandemi ini sudah terlalu banyak menelan korban jiwa manusia. Saat ini pula, siapapun bisa menjadi pahlawan, mulai dari tenaga medis, pemerintah, pengusaha, kurir barang, ojek online, OB dan banyak lagi. Bahkan seorang seperti saya yaitu rakyat biasa atau kamu juga, hanya dengan sementara di rumah saja melakukan Self Quarantine, turut membantu memutus rantai penyebaran Pandemi ini yaitu Covid-19 atau sering disebut dengan corona. Bertahanlah dan terus punya harapan segera selesai kasus ini.

Hampir satu bulan sudah Indonesia melakukan Social Distancing, hampir sebulan juga kita semua di rumah aja untuk belajar, bekerja maupun beribadah. Nah kamu sendiri, sudah melakukan hal lain apa saja untuk menikmati waktu dan membunuh rasa bosan selama di rumah aja? Kalau saya memang dari sebelum ada pandemi ini, sudah bekerja di rumah aja, jadi memang terbiasa di dalam rumah. Hanya saja bagi saya memang akan tetap merasa bosan kalo sama sekali tidak pernah keluar rumah juga kan yaaa… Nah saya ingin sharing apa saja sih yang biasa saya lakukan sehari-hari di rumah aja, siapa tau bisa nambah ide kalian yang sebelumnya sangat jarang di rumah.

  1. Masak. Yap... sehari-hari di setiap pagi, setiap hari saya selalu masak untuk sendiri dan semua orang yang ada di rumah. Banyak hal positif dengan memasak sendiri, mulai dari hemat dalam pengeluaran uang belanja, menu makanan bisa ditentukan sendiri, jauh lebih bersih dan pastinya sadar akan menu yang bergizi seperti apa. Mulai dari makanan yang dimasak sendiri, kita bisa menjaga kesehatan sendiri kemudian tentu mampu meningkatkan imunitas tubuh kita sendiri untuk melawan virus apapun ya kaaan...
  2. Redecor sebuah ruang. Usai masak biasanya saya bersih-bersih rumah juga kamar pribadi. Terkadang sesekali jika bosan saya bisa redecor ulang kamar pribadi saya. Menata barang-barang yang jauh lebih rapih juga mampu menciptakan suasana yang lebih tenang menurut saya. Bukankah ketenangan adalah setengah bagian dari obat segala penyakit??? Hehe…
  3. Menulis. Nah yang baca pasti paham kalo saya memang punya blog. Sejak 2017 saya buat blog pribadi lalu mulai bikin diri saya bisa konsisten terus dalam menulis, seperti saat ini dan berharap bisa bermanfaat meskipun sangat sedikit. Menulis bagi saya memang bagian dari refleksi diri, menyampaikan apa-apa yang ada di dalam keresahan, pikiran maupun hati saya.
  4. Membaca. Kebiasaan membaca hingga mengoleksi buku adalah hobi saya yang sudah cukup lama yaitu sejak masa sekolah. Mulai sekedar baca komik, cerpen yang ada di majalah, novel hingga buku-buku non fiksi. Bagi saya dan kata banyak orang juga bahwa membaca jelas membuka jendela dunia. Memang benar. Dengan membaca kita bisa melihat berbagai macam masalah hidup yang ada di dalam buku, berbagai sikap untuk mengatasi sebuah masalah kemudian jadi bisa lebih memilih sikap seperti apa yang lebih baik untuk dilakukan. Membaca juga sangat jelas menambah ilmu pengetahuan tentang apapun yang kalian ingin baca. Seperti tentang politik, biografi seseorang, tentang kesehatan dan banyak hal lagi.
  5. Sekedar ngopi sembari healing. Aduh ngopi di waktu-waktu tertentu bagi saya sangat penting. Kafein yang terkandung dalam kopi lalu diminum akan diserap ke dalam aliran darah saya, kemudian ia menuju otak. Dari sanalah fungsi otak meningkat termasuk dengan memori, mood, kewaspadaan juga tingkat energi. By the way, saya yang saat ini sedang menulis disambi ngopi biar bisa lebih mikir aja hehe…
  6. Mendengarkan musik. Di waktu-waktu tertentu saya memang butuh untuk mendengarkan musik. Mendengarkan musik bagi saya, dapat meningkatkan mood saya sebelum melakukan kegiatan apapun. Musik juga bisa saja untuk mengurangi rasa sakit karena jadi jauh lebih rileks aja gitu rasanya, sehingga bisa bikin tidur lebih cepat dan nyenyak. Ya saya sih percaya, kalo kamu?
  7. Belajar. Belajar tidak mengenal usia bukan???... Dengan belajar kita akan terus memiliki jiwa yang selalu muda, yang dimana selalu ingin tahu, belajar hal apapun, terbuka dengan hal apapun. Belajar di jaman sekarang bisa melalui apapun termasuk internet, pastikan sumbernya valid ya guys. Contohnya di saat seperti ini, kita bisa belajar apa sih virus covid 19 ini, seperti apa sih penyebarannya, lalu kita belajar bagaimana cara mencegah dan juga mengobatinya. Hampir tiap hari si pasti buka youtube ada aja yang diliat tutorial lah, atau diskusi apapun di dalamnya.
  8. Diskusi dengan orang tua. Banyak waktu di rumah, memang tentu akan jadi banyak waktu bersama dengan orang tua. Di waktu-waktu senggang sekalipun, pasti akan ada aja bahan yang didiskusikan bersama orang tua. Diskusi yang baik ialah berdiskusi, berkomunikasi tentang sebuah masalah apapun dengan pikiran terbuka biasanya akan menemukan jalan tengah, solusi atau minimal ada pelajaran / hikmah yang bisa di ambil. Setelah itu berdiskusi jelas bisa saling mendekatkan secara emosional antara anak dan orang tua.
  9. Merawat wajah dan tubuh. Saya semenjak lebih sering di rumah, memang jadi lebih sadar dan sering untuk merawat diri, apalagi saya seorang perempuan hehe… Mulai dari rajin pakai skincare dan bodycare, siapa tau gitu di jangka panjang nanti, di usia yang sangat dewasa nanti, saya masih terlihat sangat muda hehe.
  10. Bermain dengan hewan peliharaan. Oh iya saya punya 3 kucing di rumah. 1 kucing berjenis anggora, usianya saat ini sudah 1 tahun, tapi masih suka diajak main. Ya kalo lagi iseng, dialah jadi korban saya untuk saya kerjain. Hehe… tapi ga saya jahatin kok, saya sayang-sayang. Bermain dengannya mampu membuat emosi lebih tenang juga loh ya, karena saya juga merasa terhibur dengan tingkah lakunya yang gemash!
#dirumahaja #viruscorona #covid19 #pandemi

Dwi Ariyuni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram