Mountaineering #10 : Alat yang dibutuhkan Navigator dalam Navigasi Darat

Hai, saya Arin.

Pada tema Mountaineering kali ini, saya ingin menulis sambil mengingat kembali apa saja sih alat yang dibutukan seorang Navigator dalam bernavigasi darat. Navigasi itu sendiri adalah kegiatan penentuan kedudukan baik posisi kita atau titik tujuan dan arah perjalanannya, baik pada peta maupun medan sebenarnya. Kali ini yang saya akan bahas adalah Navigasi darat yang berarti kegiatan bernavigasi di daratan. Salah satunya dalam pendakian gunung hutan kali ini.

Navigasi darat diperlukan tidak hanya untuk kegiatan diri sendiri, seperti dalam membuat catatan perjalanan, tapi juga sangat diperlukan untuk usaha-usaha pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan, seperti pendaki yang tersesat di gunung hutan. Kamu pasti tahu kan udah banyak banget korban-korban pendaki yang hilang entah ketemu atau pun tidak. Itu sangat disayangkan sekali ya teman-teman. Menurut saya, seorang pendaki sudah seharusnya mulai belajar Navigasi darat. Orang yang akan melakukan navigasi darat atau biasa disebut Navigator membutuhkan beberapa alat dalam bernavigasi darat di gunung hutan, apa saja? Yuk kita bahas satu persatu.

Pada kegiatan belajar-mengajar atau latihan biasanya akan dilatih bernavigasi secara manual terlebih dahulu, adapun diantaranya alat yang dibutuhkan ialah :

  1. PETA

Peta ialah penggambaran 2 dimensi pada bidang datar dari sebagian atau keseluruhan permukaan bumi yang dilihat dari atas, kemudian diperbesar atau diperkecil dengan perbandingan tertentu (Skala peta). Peta yang harus dibawa pastikan sesuai dengan lokasi kita ya. Misal kamu mau naik gunung Lawu, ya bawalah peta gunung Lawu jangan gunung yang lain hehe… Biasanya lebih mudah terbaca menggunakan peta topografi atau peta kontur.

Peta Kontur

  1. KOMPAS

Kompas ialah alat penunjuk arah dan karena sifatnya magnetis, jarumnya akan selalu menunjukan arah utara magnetis dan selatan magnetis. Setelah kita tahu medan yang akan kita lewati di peta, kita butuh banget kompas supaya tidak kehilang arah perjalanan guys.

Kompas Bidik

  1. ALTIMETER

Altimeter ialah alat untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Altimeter gak harus punya sih, tapi sangat dapat membantu keakuratan saat pendaki menentukan titiknya lebih tepat lagi aja.

Altimeter

  1. PROTAKTOR

Protaktor merupakan busur derajat yang digunakan untuk mengukur dan membentuk sudut yang dihasilkan pada bidikan kompas, sehingga menghasilkan garis temu yang akan dijadikan titik tujuan pada peta.

Protaktor

  1. ALAT TULIS

Alat tulis sudah barang tentu digunakan untuk mencatat data-data yang diperoleh selama bernavigasi darat, seperti pulpen, penggaris dan kertas. Pastikan disimpan secara aman dari basah ya guys.

Pada kegiatan navigasi yang lebih canggih adapun diantaranya alat yang dibutuhkan hanya peta, GPS dan alat tulis. Pada GPS biasanya sudah langsung terdapat kompas juga altimeter, jadi memang lebih ringkes dalam membawa alat. Keuntungan lainnya dalam menggunakan GPS ialah dapat menentukan posisi secara instan.

GPS

Pada kegiatan bernavigasi ini sangat diperlukan pengetahuan tentang IMPK atau Ilmu Medan Peta Kompas. Nah saya sudah pernah membahasnya di Mountaineering #3 : Ilmu Medan Peta Kompas (IMPK). Bisa klik : https://www.arinbeautytraveler.com/2018/06/mountaineering-1-ilmu-medan-peta-kompas.html . Jadi buat mau lebih detail bahasannya bagaimana cara bernavigasi itu sendiri, boleh langsung baca di sana ya. Sekian sedikit bahasan singkat dari saya, tentang alat-alat yang dibutuhkan oleh seorang Navigator. Semoga ini bermanfaat ya, terima kasih juga buat yang sudah membacanya. Sangat boleh banget kok untuk dishare ke yang lain hehe.

Bye…bye…

Noted : Saya Arin, mencoba menjadikan hobi dan pengalaman untuk membuat rental alat camping. Khatulistiwa Adventure namanya. Khatulistiwa Adventure ini telah menjadi rekomendasi rental alat camping di Bekasi sejak 2016. Untuk liat katalog alat, bisa cek di WA kami 0896-5750-4996. Bisa cek IG juga di @khatulistiwa_adv.

Tidak ada komentar untuk "Mountaineering #10 : Alat yang dibutuhkan Navigator dalam Navigasi Darat"