Beberapa Kesalahan Dalam Memakai Skincare

WWW.ARINBEAUTYTRAVELER.COM

Hai, skincare enthusiast. Saya Arin…

Kesalahan pakai skincare

Kali ini saya mau sharing apa saja sih kesalahan kita biasanya terutama bagi pemula dalam memakai skincare. Apalagi misalnya produk skincare tersebut mahal dan katanya bagus, tapi kok masih atau malah nambah masalah di wajah. 

Saya mau disclaimer dulu, kalo pertama saya bukan ahli skincare, tapi saya memiliki pengalaman pribadi yang cukup panjang, untuk bisa paham perskincare an sedikit demi sedikit hehe… 

Ada juga sebagian belajar dari pengalaman orang denga saya meresearch tentang skincare, komposisinya dan seperti apa review di kebanyakan pemakai. Saya pun sering menulis review produk skincare di website saya ini, tujuannya adalah hanya sharing kepada teman-teman yang membutuhkan.

Karena sebenarnya itu sangat membantu loh buat teman-teman yang sedang berjuang mengatasi masalah di kulit wajah. Yuk langsung aja kita bahas apa saja ya kesalahan-kesalahan tersebut :

  1. Tidak mengenali jenis kulit wajah sendiri

Pada dasarnya setiap orang memiliki jenis kulit wajah dan concern  yang berbeda. Ada jenis kulit berminyak concernnya sensitif, berminyak tapi tidak sensitif, kulit normal kombinasi, normal to oily, normal to dry, dry atau kering. 

Kering tapi sensitif, kering tapi tidak berjerawat. Terlalu banyak girls jenis kulit wajah orang dengan berbagai masalahnya masing-masing. 

Makanya penting banget untuk mengenali jenis kulit wajah sebelum membeli skincare. Bisa dengan cek skin di sebuah klinik maupun event beauty biasanya gratis tuh.

Setelah paham jenis kulit dan concern wajah kalian, kalian bisa memilih produk yang memang sesuai dengan jenis kulit kalian terlebih dulu. 

Sebelum membahas ingredients lebih dalam. Karena sudah pasti berbeda komposisi skincare kulit wajah kering dengan berminyak, apalagi sensitif.

(Hi, i'm Blogger, Business Inquiries via DM Instagram : Dwi Ariyuni )

  1. Beli hanya saat viral, ikut-ikutan

Jangan langsung kemakan iklan, apalagi iklan sesaat seperti di TikTok. Pada dasarnya kalian tetap harus menyesuaikan jenis kulit wajah kalian, dan memilih produk yang ingin kalian tuju apa. 

Missal produk menyembuhkan jerawat dengan menghilangkan bekas jerawat itu beda loh… jadi musti paham kulit kalian dan produknya, bukan karena lagi viral aja. 

Kalian bisa research terlebih dahulu yang banyak sebelum membeli ya. Daripada makin tambah masalah kan ya…

  1. Tidak paham akan sensitifitas kulit wajah sendiri

Setelah mengenali jenis kulit wajah, kalian juga harus paham pada komposisi apa yang kalian tidak cocok. Karena sebagus dan semahal apapun produk skincarenya kalo kalian sensitif akan komposisi tersebut akan malah tambah masalah di kulit wajah kalian. Kenali dulu ya… bagaimana caranya? 

Emang harus trial eror sendiri, karena hasilnya akan selalu beda di setiap kulit wajah orang. Paanjang prosesnya memang, tapi bersabarlah dan komitmen akan itu, kalian pasti bisa mengatasi itu semua. 

Misal saya sudah paham nih, kalo saya tidak bisa pakai produk yang mengandung alkohol dan parfum. Jadi saya selalu menghindari skincare yang mengandung 2 hal tersebut. Walaupun sedang viral, saya sama sekali tidak tertarik hehe…

YOUTUBE CHANNEL : DWI ARIYUNI

  1. Tidak paham akan komposisi

Memahami akan komposisi penting atau utama pada sebuah produk, menjadi acuan apakah tercapai target yang kita inginkan. 

Misal, kita ingin menghilangkan jerawat, carilah produk yang mengandung Tea Tree. Jika ingin mencerahkan wajah, carilah yang kandungannya ada vitamin C dan juga Niacinamide. 

Jika ingin menghilangkan kerutan, carilah produk yang mengandung anti aging. Ya begitu seterusnya lah. Jadi memang harus banyak research dulu tentang macam-macam ingredients guys. 

So, semangat belajar terus ya… sudah banyak kok artikel atau obrolan di youtube yang bahas tentang komposisi skincare.

  1. Tidak paham cara dan waktu pakai yang tepat

Pada kesalahan ini, cukup sering terjadi loh dan jangan salah juga kalo kesalahan ini mampu menambah masalah di wajah. Dikiranya kulit kita gak cocok sama si produk, padahal mah bisa aja kalo ada cara pakai yang salah.

Untuk ingredients aktif ada beberapa yang gak bisa digabung dengan ingredients lain loh. Misal produk A pada dasarnya gak bisa digabung dengan produk B, karena komposisi mereka gak bisa digabung aja.

Nah, kalo kalian gak paham akan itu, kalian gabung, yang ada istilah kasarnya si ingredients ini malah rebut, dan menambah masalah di kulit wajah kalian seperti kemerahan atau beruntusan. Seharusnya produk A dipakai hari ini, produk B bisa dipakai besok.

Ada juga komposisi yang gak bisa dipakai di siang hari. Karena memang bekerja di malam hari, dan disarankan untuk tidak terkena matahari, karena kulit akan jadi lebih sensitif misalnya. 

Ada banyak faktor girls… so pelajari lagi tadi ya tentang ingredients-ingredients.

WWW.ARINBEAUTYTRAVELER.COM

  1. Memaksa pakai produk yang tidak cocok, sampai habis

Hayo siapa nih yang kaya gini? Padahal udah tau nih gak cocok. Tapi masih dipaksa dihabiskan karena sayang aja udah dibeli.

Kamu harus inget, dengan memaksa seperti itu justru kulit kita semakin bermasalah dan akan semakin nambah biaya perawatannya setelah itu. Huhu… please kasian sama kulit kalian ya. 

Kalo gak cocok kalian bisa preloved produknya atau dikasih ke teman yang memang cocok dengan itu. Kan jadi gak mubazir toh, dan kulit kalian masih terselamatkan heuheu. 

Please jangan kaya gitu ya guys.

Nah itu dia beberapa kesalahan dalam memakai skincare menurut saya. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Kalian juga bisa sharing ke temen-temen kalian yang sedang berjuang mengatasi permasalahan di kulit. Terima kasih buat yang sudah membacanya.

Bye…bye…


 

Tidak ada komentar untuk " Beberapa Kesalahan Dalam Memakai Skincare"