Tips Olah Raga Saat Puasa



Menurut ahli kesehatan, olahraga saat puasa sangat diperbolehkan namun tetap memperhatikan beberapa hal agar tidak membatalkan puasa kita. Yuk langsung bahas apa saja sih tips bisa olah raga saat puasa.

  1. Memilih jenis olah raga yang ringan

Pilihlah olahraga yang termasuk ringan dengan durasi yang cukup, seperti jalan kaki selama 30 menit atau bersepedah ria selama 30-60 menit. Supaya tidak terlalu banyak cairan tubuh yang keluar sehingga menyebabkan dehidrasi.

  1. Waktu yang tepat untuk olah raga

Waktu yang tepat olah raga saat puasa ialah3 kali seminggu, pada jam 1 sampai 2 jam sebelum berbuka puasa, agar ketika kita sudah kehilangan cairan setelah berolahraga, bisa segera digantikan tanpa menunggu waktu yang lama dengan banyak minum kembali saat berbuka puasa. Sekali lagi jangan sampai dehidrasi ya.

  1. Penuhi kebutuhan air putih setelah berbuka puasa

Walaupun waktu makan berubah, hanya di waktu jam 6 sore sampai 4.30 pagi, jangan skip minum air putih ya, minimal 8 gelas per hari. Harus dipenuhi dan diperhatikan ya buat yang rajin olahraga saat puasa.

  1. Penuhi asupan Nutrisi setelah berbuka puasa

Penuhi gizi 4 sehat 5 sempurna minimal pada saat berbuka puasa maupun sahur. Makan makanan yang tinggi protein untuk memperbaiki jaringan otot yang lelah setelah berolahraga. Seperti telur, daging dan ikan.

Tidak ada komentar untuk "Tips Olah Raga Saat Puasa"