Rekomendasi Software Payroll Masa Kini

software payroll

Software Payroll merupakan platform atau sejenis aplikasi yang dijadikan sebagai sistem penggajian para karyawan jadi lebih mudah, cepat, tepat dan akurat setiap bulannya. Biasanya software payroll ini digunakan oleh perusahaan berskala besar yang memiliki jumlah karyawan cukup banyak, mulai dari ratusan hingga ribuan karyawan.

Payroll membantu perusahaan dalam perhitungan komponen gaji karyawan yang lebih detail lagi. Komponen gaji tersebut diantaranya seperti gaji pokok, uang lembur, transportasi, uang makan, tunjangan, absensi atau kehadiran karyawan, bonus, iuran, insentif, potongan pajak, potongan pinjaman dan juga BPJS.

Software Payroll menjadi sangat direkomendasikan untuk perusahaan-perusahaan berskala besar agar dapat membantu, khususnya para HRD dalam melakukan perhitungan dan penggajian para karyawan-karyawannya. Selain itu, para karyawan juga dapat terbantu dalam memahami setiap detail gaji mereka setiap bulannya.

Tidak akan ada lagi kesalahpahaman karyawan dalam menerima slip gaji, jika menggunakan Software Payroll. Ada beberapa hal yang menjadi faktor perubahan gaji setiap bulannya pada payroll, diantaranya yaitu :

  1. Absensi atau kehadiran karyawan

Pada banyak perusahaan, telah memberlakukan aturan potong gaji perharinya jika seorang karyawan tidak masuk dengan alasan tidak jelas. Terutama bagi karyawan tidak masuk tanpa alasan. Nantinya dari data absensi karyawan tersebut akan otomatis masuk ke dalam sistem payroll ini. Karyawan akan mengalami pengurangan gaji sesuai dengan data absensi yang tidak hadir atau tidak masuk kerja.

  1. Uang lembur

Pada hari-hari tertentu di setiap bulannya, karyawan akan ada jam kerja yang melebihi waktu kerja atau biasa disebut lembut. Dari hari lembur tersebut akan terdata jumlah hari lembur dan per jamnya, kemudian akan otomatis masuk ke sistem payroll. Setiap bulan pasti akan berbeda jumlah waktu hari lemburnya, sehingga karyawan akan mengalami penambahan gaji yang berbeda pula.

  1. Bonus

Bagi karyawan yang setiap bulannya selalu dapat memenuhi target perusahaan sesuai rencana, biasanya akan diberikan bonus oleh perusahaan. Berapapun bonusnya dari pencapaian target tersebut, akan otomatis juga masuk ke dalam data di sistem payroll. Karyawan akan menerima penambahan gaji sesuai data bonus yang masuk.

  1. Potongan pinjaman atau hutang

Bagi karyawan tertentu yang memang telah melakukan peminjaman uang pada kantor, atau memiliki cicilan setiap bulannya yang harus dibayar, akan terlihat datanya berapa yang harus dipotong pada sistem payroll nantinya. Karyawan akan mengalami pengurangan gaji, sesuai data hutang yang harus dibayarkan pada bulan tersebut.

Salah satu Software Payroll masa kini dan sudah banyak digunakan oleh ribuan perusahaan dengan berbagai jenis bidang usaha ialah Krishand. Mulai dari perusahaan di bidang jasa, dagang dan manufaktur telah menggunakan software ini.

Software Payroll Krishand memiliki keunggulan sendiri seperti harga yang lebih terjangkau dan dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik , bagus dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, Krishand sudah menjadi pilihan utama bagi banyak HRD perusahaan.

Adapun laporan-laporan yang dihasilkan oleh Sofware Krishand Payroll ini diantaranya ada slip gaji, daftar penghasilan bulanan/tahunan, daftar transfer Bank, bukti pembayaran PPh 21/26 21 final, SPT masa PPh 21/26 dan daftar bukti pemotongan PPh 21/26, formulir pelaporan PPh21, laporan jurnal gaji, laporan saldo pinjaman pegawai, laporan rincian lembur pegawai, laporan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan, laporan Man Power untuk keperluan analisa sumber daya manusia (SDM), laporan rincian perhitungan PPh 21 ditanggung pemerintah, sebagian laporan dapat disajikan dalam format Excel dan laporan-laporan pelengkap lain untuk keperluan internal.

Daftar transfer bank yang didukung oleh Software Payroll ini ialah, BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, Bank Permata, UOB, BII, BTPN, HSBC, DBS, Citibank, Payroll transfer standard Chartered Bank, Bank of America, Deutshe Bank, Bank of India dan bank lainnya.