Jejak Kata Arin pada Pesona Kampung Adat Bena

WWW.ARINBEAUTYTRAVELER.COM Haloo.. Gw Arin…

wisata di Indonesia

Jejak gw pernah tertinggal di sebuah kampung adat. Kampung adat Bena namanya. Ada yang pernah mendengar? Ini uda jadi wisata langganan turis asing loh. Katanya sih yang sering datang itu turis dari Belanda, Jerman dan Italia. 

Sebenernya kampung adat Bena ini bukan tempat wisata, tapi memang asli kampung adat megalitikum yang masih ada dan dijaga terus kelestariannya. Karena pesona kampung adat ini cukup menarik wisatawan datang, akhirnya mereka lama-lama terbiasa kampungnya didatangi wisatawan baik lokal maupun asing. 

(Hi, i'm Blogger. Business Inquiries via DM Instagram : @Dwiariyuni )

Bahkan jadi bisa membuka kesempatan warga kampung adat ini untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjual tenun dan pernak-pernik lainnya hasil buatan mereka sendiri.

Kampung adat Bena ini berada di Indonesia bagian tengah, pulau Flores, Kabupaten Ngada. Untuk menuju kesana memang masih harus pakai kendaraan pribadi. Motor bisa, mobil juga bisa kok. Jalur yang dilewati sangat sejuk karena memang dikawasan lereng gunung, gunung Inerie namanya.

Pesona Indonesia
Bersama tim foto dari sisi selatan Kampung Adat Bena

Kampungnya terdiri dari kurang lebih 40 rumah, berjejer dan berhadapan memanjang dari utara ke selatan. Dan pintu masuknya hanya dari pintu utara. Di bagian selatan kampung, ada pemandangan pegununngan dan tebing terjal.  


Ditengah kampung adat tersebut, terdapat lapangan yang berisikan beberapa bangunan yang biasa disebut “Bhaga” dan “Ngadhu”. Biasanya dipakai untuk acara-acara adat seperti pernikahan. 

Mereka juga masih punya tradisi acara syukuran atau pesta adat yang pasti selalu memotong kerbau. Dan biasanya tanduk kerbaunya disisakan untuk dipajang di depan rumah pemilik acara dan menjadi tanda kalo pemilik rumah, pernah mengadakan pesta adat. 


Misal ada seorang warga kampung adat Bena membangun rumah, mereka juga harus adakan acara adat dan potong kerbau. Kalo kita biasa bilang sih sebagai syukuran rumah baru.

Kampung Adat
Tanduk Kerbau sisa Pesta Adat Bena

Mata pencarian mereka juga dari ladang dan tenun. Tenun yang mereka buat sendiri punya motif ciri khas sendiri loh, yaitu motif kuda. Gw saat itu disana cuma beli kalung buatan tangan seorang bapak tua. Kalung ini liontin dari kayu yang biasa dipakai oleh pawang ular. 


Nah akhirnya gw memutuskan untuk membeli kalung tersebut. Sebenernya karna gw suka aja modelnya klasik dan natural banget. Tali kalungnya aja hanya terbuat dari benang yang biasa dipakai buat tenun, sama bapak di pelintir dari berbagai macam warna, jadi keliatan bagus walaupun hanya sekedar benang. Unik deh…

Dwi Ariyuni
Di depan Tenun buatan masyarakat Kampung adat Bena

Kalung yang dibeli di Kampung Adat Bena

By the way, di kampung adat ini karena berada di lereng gunung Inerie, jelas banget dong pemandangannya. Dan itu jadi pelengkap yang pas dari keindahan kampung adat ini. 

Keberadaan kampung adat di lereng gunung juga merupakan ciri khas masyarakat lama pemuja gunung sebagai tempat para Dewa. Menurut penduduk kampung ini, mereka masih percaya adanya Dewa yang bersinggahsana di Gunung Inerie. 

Penduduk kampung menamakan “Yeta” untuk Dewa tersebut yang juga dipercaya selalu menjaga kampung adat mereka.


Ekspedisi NKRI
Pemandangan dari sisi selatan Kampung Adat

Gunung di NTT
Gunung Inerie di balik Kampung Adat Bena

Kesan gw pada kampung adat ini, wow banget sih. Warganya super ramah. Open minded juga loh yang artinya menjadikan mereka mau terbuka dengan pendatang, tapi masih tetap di garis aturan adat mereka. 

Hebat aja, mereka di jaman modern ini uda tahun 2017 loh, masih bisa hidup tradisional banget dan bangga dengan adat mereka. Mereka akan terus melestarikannya. I love this… so yes, hargai cara mereka hidup. Agar tetap lestari kelangsungan hidup yang super natural ini. Ini salah satu keunikan Indonesia.


Suku Adat Bena
Bersama penduduk Kampung Bena

Nenek yang malu diajak selfie

Anak Suku Adat BENA
Anak Kampung Bena


Ya memang kan arti bisa hidup bahagia bagi setiap orang itu relatif banget. Kaya misalnya nih gw nulis di blog aja gak dapet apa-apa. Cuma ada rasa kebahagian tersendiri ketika tahu banyak pembaca yang bisa menikmati tulisan gw. terima kasih loh buat lo yang sekarang lagi baca.

Okedeh segitu aja jejak kata gw pada pesona kampung adat Bena ini ya.
Eh iya, gw juga sempetin waktu loh buat mendaki gunung Inerie tadi. So, ditunggu aja ya jejak kata gw di gunung Inerie..

Gunung di NTT
Saat pendakian di Gunung Inerie

Gunung Inerie
Pemandangan dari atas Gunung Inerie

WWW.ARINBEAUTYTRAVELER.COM Terima kasih banget sekali lagi untuk kalian yang uda baca, kalo lo suka boleh banget untuk dishare. Kalo ada yang ingin ditanya atau punya cerita yang sama, komen ya dibawah. Bye… bye…

Noted : Saya Arin, mencoba menjadikan hobi dan pengalaman untuk membuat rental alat camping. Khatulistiwa Adventure namanya. Khatulistiwa Adventure ini telah menjadi rekomendasi rental alat camping di Bekasi sejak 2016. Untuk liat katalog alat, bisa cek di WA kami 0896-5750-4996. Bisa cek IG juga di @Khatulistiwa_Adv .

28 komentar untuk "Jejak Kata Arin pada Pesona Kampung Adat Bena"

  1. Wuhuuuuu, keren rin.... 😁

    BalasHapus
  2. Wah, asyiknya. Tapi Flores ya? Duh, nabung dulu deh...hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di flores bu. ayo kesana, di sana masih banyak kampung adat lainnya

      Hapus
  3. Mantap kak arin,mau dong ikutan

    BalasHapus
  4. wah, arin keren...yuk, balik kesana lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk laaahh hahaha versi tripnya aja ya ka

      Hapus
  5. Arin, ada gak foto dari atas perkampungan yang memperlihatkan rumah-rumah penduduk? Aku tadi ngebayangin ada fotonya, dengan view dari atas perkampungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dari atas g ada uni, huhu langsung kesana aja uni hehe

      Hapus
  6. Seru banget ya bisa jalan-jalan ke perkampungan bgini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ka, seru banget. asli mereka membuktikan bisa hidup tetap secara alamiah, adat yang terus lestari di jaman modern seperti ini

      Hapus
  7. Itu tadi tanduk kerbau banyak banget yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biasanya kelar bikin acara adat, pemilik acara harus pajang sisa tanduk kerbau yg sdh dikorbankan gitu

      Hapus
  8. Indonesia memang kereeennn, kapan ya bisa jalan ke Indonesia timur. Baru Bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kalah kan sama luar negeri hehe.. semoga segera terwujud ya ka

      Hapus
  9. Kereen! Eksplore budaya dan alam Indonesia memang enggak bakal ada habisnya..
    Btw, itu view gunungnya..bagusss!

    BalasHapus
  10. Semoga tetap lestari kampungnya. Saya pernah seklai ke kampung budaya di Bogor, awalnya jg bukan tempat wisata tapi krn ada peninggalan apa gtu situs kerajaan dulu lama2 jd ramai wisatawan. Yg penting tetep lestari ya adat budayanya. Tengkyu for sharing ttg keindahan Flores :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang kaya banget deh indonesia dari alam, adat budayanya juga. semoga terus lestari y aamiin

      Hapus
  11. Sekali-sekali memang perlu wisata alami ya, menjauh dari kehidupan perkotaan ya riweuh. Biar bisa menenangkan hati dan pikiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kam dengan mengunjungi langsung lingkungan baru dari yg biasanya, dan seperti kampung adat ini juga bisa bantu kita buat buka pikiran lebih luas lagi apalagi soal toleransi ya ka

      Hapus
  12. Tanduk kerbaunya banyak ya. Semoga kelestarian penduduk di sana selalu terjaga

    BalasHapus
  13. Melestarikan nilai2 budaya dan adat warisan nenek moyang yaa. Walau begitu, yes yang penting mereka tetep bisa open minded :)

    BalasHapus
  14. Aku juga mau atuh diajak jalan jalan kesitu... jalan sendiri takut nyasar euy... ( alasan saja biar diajak)

    BalasHapus
  15. Bikin trip kemari, dunkz.... Kampungnya menarik banget. Etapi jgn dadakan y, biar bisa nabung heuheu

    BalasHapus
  16. Keren tempat ny tapi susah ga si akses ke sana secara kayak di tengah2 hutan gitu. Pasti adem banget

    BalasHapus
  17. thx info share nya ka Arin, semoga aku juga bsa kesana huhuhu dan kampung nya masih ttep terjaga kelestariannyaaa

    BalasHapus
  18. Pertanyaan khas ibu-ibu: mahal nggak tenunnya, Mba? Hehehe. Kalaupun mahal, ya wajar yaaa, dengan proses pembuatan yang rumit dan pakai bahan alami.

    BalasHapus

Posting Komentar